PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA PEREMPUAN YANG BEKERJA DI MALAM HARI (STUDI KASUS PADA PT. KAYU LAPIS INDONESIA DI KENDAL)

Purwanto, Tiara Jabbar (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA PEREMPUAN YANG BEKERJA DI MALAM HARI (STUDI KASUS PADA PT. KAYU LAPIS INDONESIA DI KENDAL). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pekerja adalah salah satu faktor penting di dalam suatu pembangunan nasional. Pembangunan nasional yang terus berkembang memberikan kesempatan bagi pekerja perempuan untuk bekerja di bidang industri.Sebagai pekerja, perempuan memiliki hak-hak khusus untuk dipenuhi dan dilindungi haknya sebagaimana telah diatur di dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Perlindungan terhadap pekerja/buruh bertujuan untuk menjamin hak-hak dasar pekerja/buruh tersebut, menjamin kesamaan kesempatan, serta perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja/buruh beserta keluarganya dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha. Rumusan masalahnya adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap pekerja perempuan ditinjau dari UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan ada atau tidaknya hambatan dan solusi yang timbul dalam pelaksanaan perlindungan hukum tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah yuridis empiris yaitu metode yang bertujuan mendiskripsikan atau memberi gambaran terhadap suatu obyek penelitian yang diteliti, dengan cara meneliti, mengolah data menganalisis, menginterpretasikan hal yang ditulis dengan pembahasan yang teratur dan sistematis, ditutup dengan kesimpulan dan pemberian saran. Bahwa dalam menganalisis permasalahan dilakukan dengan cara memadukan bahan hukum sekunder yaitu Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dengan bahan hukum primer yaitu observasi, wawancara langsung kepada para pihak yang dianggap mampu memberikan data yang akurat, dan pengisian angket sebagai data pelengkap. Dari penelitian yang dilakukan di PT. Kayu Lapis Indonesia ditemukan fakta yang diuraikan dalam pembahasan dan dapat disimpulkan antara lain bahwa pelaksanaan perlindungan hukum mengenai hak-hak pekerja perempuan yang bekerja di malam hari telah diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama antara PT. Kayu Lapis Indonesia dengan pekerja dan sudah sesuai dengan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Bahwa Perusahaan telah memberikan perlindungan bagi pekerja perempuan yang bekerja di malam hari, memberikan waktu kerja dan waktu istirahat, cuti haid/menstruasi, cuti hamil dan melahirkan, cuti gugur kandungan, cuti tahunan, mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah dan menyusui anaknya, mendapatkan jaminan sosial tenaga kerja, serta perlindungan keselamatan kerja dan kesehatan kerja. Namun tidak semua hak yang diberikan seperti Pojok Laktasi dan cuti haid/menstruasi digunakan oleh para pekerja perempuan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pekerja Perempuan, Bekerja dimalam Hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:09
Last Modified: 30 Oct 2018 03:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item