TINJAUAN YURIDIS TENTANG PEMBATALAN PERKAWINAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DI PENGADILAN AGAMA SEMARANG ( STUDI KASUS PUTUSAN PERKARA NOMOR : 2004/Pdt.G/2017/PA.Smg )

Sudarti, Siti Nur (2018) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PEMBATALAN PERKAWINAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DI PENGADILAN AGAMA SEMARANG ( STUDI KASUS PUTUSAN PERKARA NOMOR : 2004/Pdt.G/2017/PA.Smg ). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 1_COVER.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3_DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4_BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
FILE 5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
FILE 6 _BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
FILE 7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
FILE 8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Pengertian Pembatalan Perkawinan Menurut Undang-Undang No 1 Tahun 1974 Pembatalan perkawinan adalah pembatalan hubungan suami isteri sesudah dilangsungkan akad nikah. Pembatalan perkawinan dapat terjadi karena ada syarat dan rukun yang tidak terpenuhi, salah satunya yaitu terjadi pemalsuan identitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar hukum pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara pembatalan perkawinan dan mengetahui akibat yang timbul bagi suami istri dalam perkara pembatalan perkawinan di Pengadilan Agama Semarang. Metode penelitian menggunakan metode yuridis sosiologis, untuk mendekatkan pokok permasalahan digunakan spesifikasi penelitian deskriftif analis. Data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan wawancara sedangkan data sekunder diambil dari membaca dan literatur bahan-bahan kepustakaan yang setelah itu dianalisis dengan menggunakan analisa data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa adapun yang menjadi dasar hukum pertimbangan hakim Pengadilan Agama Semarang dalam memustuskan pembatalan perkawinan adalah tidak terpenuhinya syarat-syarat dan rukun perkawinan dan Akibat hukum yang terjadi dalam perkara di Pengadilan Agama Semarang tersebut adalah Perkawinan yang dilangsungkan kedua belah pihak tersebut menjadi putus sehingga hubungan suami istri diantara keduanya menjadi tidak sah dan kembali ke status semula, karena perkawinan tersebut tidak pernah ada. Kata kunci: Pembatalan Perkawinan, Dasar Pertimbangan Hakim, dan Akibat Putusnya Perkawinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:49
Last Modified: 30 Oct 2018 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item