PERAN POLISI LALU LINTAS DALAM MENINGKATKAN KETERTIBAN DAN KELANCARAN LALU LINTAS ( Studi Kasus di Satuan Lalu Lintas Polisi Resor Kota Besar Semarang )

Wintoro, Nurhadi (2018) PERAN POLISI LALU LINTAS DALAM MENINGKATKAN KETERTIBAN DAN KELANCARAN LALU LINTAS ( Studi Kasus di Satuan Lalu Lintas Polisi Resor Kota Besar Semarang ). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Polisi Lalu Lintas merupakan unsur pelaksana yang bertugas menyelenggarakan tugas kepolisian yang mencakup penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli, pendidikan mayarakat dan rekayasa lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi atau kendaraan bermotor, penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegak hukum dalam lalu lintas yang diwujudkan melalui upaya Polisi Lalu Lintas dalam meningkatkan ketertiban dan kelancaran lalu lintas untuk mencegah lebih banyak lagi terjadinya pelanggaran lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan yang dilakukan Polisi Lalu Lintas dalam melaksanakan tugasnya, pelaksanaan menertibkan lalu lintas oleh Polisi dalam melaksanakan perannya, kendala yang dihadapi oleh Polisi Lalu Lintas, serta untuk mengetahui upaya Polisi Lalu Lintas mengatasi kendala dalam menertibkan dan melancarkan lalu lintas di Kota Semarang. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Metode pendekatan ini di gunakan untuk menelaah permasalahan-permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat, khususnya yang terkait dengan peran Polisi Lalu Lintas dalam meningkatkan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Kota Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka dengan mengkaji peraturan yang terkait lalu lintas dan wawancara dengan pihak Satlantas Polrestabes Semarang untuk memperoleh data primer. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara yaitu: pengaturan yang dilakukan Polisi Lalu Lintas dalam melaksanakan tugas lalu lintas di Kota Semarang dilakukan pada pagi hari yaitu pada pukul 06:00 - 07:30; Pos-pos polisi yang sering kali terjadi pelanggaran lalu lintas dan kemacetan lalu lintas contohnya Pos Polisi Lalu Lintas Tugu Muda, KFC Pandanaran, Kaligarang, Mbangkong Milo, dan Pos Polisi Lalu Lintas TL Manggala; Terdapat sejumlah pelanggaran lalu lintas di Kota Semarang, pada tahun 2016 sebanyak 75.971 dan tahun 2017 sebanyak 85.520 pelanggaran (kenaikan 13%); Kendala utama yang dihadapi Polisi Lalu Lintas dalam menertibkan dan melancarkan lalu lintas di Kota Semarang adalah banjir; Kecelakaan lalu lintas di Kota Semarang pada tahun 2016 sebanyak 1.083 dan tahun 2017 sebanyak 936 (penurunan 14%); Pihak Polisi Lalu Lintas dalam meningkatkan ketertiban dan kelancaran lalu lintas menggunakan upaya preventif dan represif. Kata Kunci : Polisi Lalu Lintas, Ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:46
Last Modified: 30 Oct 2018 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item