PERLINDUNGAN HUKUM AKIBAT ADANYA NIKAH TIDAK TERCATAT TERHADAP KEDUDUKAN ANAK SETELAH ORANG TUA MELAKUKAN ISBAT NIKAH (Studi Analisis putusan Nomor : 064/Pdt.P/2017/PA.Jepr di Pengadilan Agama Jepara )

Alhaddafi, M. Fatih Wahab (2018) PERLINDUNGAN HUKUM AKIBAT ADANYA NIKAH TIDAK TERCATAT TERHADAP KEDUDUKAN ANAK SETELAH ORANG TUA MELAKUKAN ISBAT NIKAH (Studi Analisis putusan Nomor : 064/Pdt.P/2017/PA.Jepr di Pengadilan Agama Jepara ). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini permasalahan yang akan dibahas yaitu akibat hukum dari nikah sirri terhadap kedudukan anak berdasarkan putusan hakim Nomor 064/Pdt.P/2017/PA.Jepr di Pengadilan Agama Jepara, kendala yang dialami oleh pengadilan agama Jepara dalam sebuah kasus anak yang lahir dari akibat nikah sirri dan solusi dari kendala yang harus dilakukan Pegadilan Agama Jepara dalam sebuah kasus anak yang lahir dari akibat nikah sirri. Pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan yang bersifat Yuridis Sosiologis. Pendekatan yuridis digunakan dalam usaha menganalisis data dengan mengacu kepada norma-norma hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan, sedangkan aspek sosiologis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pengadilan agama dalam menangani kasus anak akibat nikah sirri. Kesimpulan dari penilitian ini adalah bahwa Menurut Hukum Islam anak hasil hubungan pernikah siri tetap sah dan sang anak mendapatkan nasab (keperdataan) denagan ayah bilogisnya. Bukti yang hanya seadanya tidak menjadi sebuah bukti kuat hakim untuk memutusakn bahwa pernikahan itu benar-benar terjadi pernikahan siri dan telah melahirkan seorang anak dari hasil pernikahan siri tersebut sehingga hakim tidak bisa mengabulkan permohonan pemohon. Secara berkas tidak siap maka dari pihak pengadilan agama akan memberitahukan berkas apa saja yang dibutuhkan dan akan membantu mengarahkan hingga para calon pemohon ini secara administratif bisa terpenuhi dan bisa mengikuti persidangan. Pengadilan agama Jepara selalu mengarahkan untuk coba bisa menghubungi pihak-pihak yang memang mengetahui dan menjadi saksi pernikahan dan untuk bisa membujuk mereka untuk ikut membantu menjadi saksi saat persidangan nanti. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Nikah Sirri, Isbat Nikah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:44
Last Modified: 30 Oct 2018 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item