PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG LAHIR DILUAR PERNIKAHAN MENURUT UNDANG - UNDANG NO.1 TAHUN 1974 (Studi Analisis Berdasarkan Putusan Hakim Nomor 416/Pdt.G/ 2015/PA.Smg di Pengadilan Agama Semarang)

Utami, Lidya (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG LAHIR DILUAR PERNIKAHAN MENURUT UNDANG - UNDANG NO.1 TAHUN 1974 (Studi Analisis Berdasarkan Putusan Hakim Nomor 416/Pdt.G/ 2015/PA.Smg di Pengadilan Agama Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Keturunan yang dihasilkan dari sebuah pernikahan adalah sebuah cita-cita dan dambaan dari setiap pasangan pernikahan. Anak merupakan sebuah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang tidak ternilai yang di harapkan untuk meneruskan keturunan nantinya yang lebih baik. Namun ironisnya jika keturunan tersebut di dapatkan diluar sebuah pernikahan yang resmi sehingga membuat sebuah permsalahn bagi orang tua dan juga anak tersebut untuk mendapatkan sebuah status resmi dari negara ini. Pernikahan di Indonesia diatur di dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang pernikahan yang resmi yang diakui oleh negara serta bagaimana kedudukan seorang anak yang sah menurut negera ini. Perkembangan jaman yang sangat cepat dan banyak yang mungkin belum siap mengikuti maka terjadilah sebuah masalah,maka dari situlah penulis membaut skripsi dengan Rumausan masalah : 1. Perlindungan hukum terhadap kedudukan anak yang lahir diluar pernikahan menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 berdsarkan putusan hakim nomor 416/Pdt.G/2015/PA.SMG. 2. Apakah kendala dan solusi yang dialami serta di lakukan oleh pengadilan agama Semarang dalam menyelesaikan sebuah Perkara anak yang lahir diluar pernikahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974. Hasil Penelitian ini menunjukan jika memang status anak tidak memiliki garis keturunan dari ayah karena pernikahan tidak sah dan diserahkan sepenuhnya kepada ibu anak tersebut. Kata Kunci : Pernikahan, Anak Sah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:43
Last Modified: 30 Oct 2018 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item View Item