STUDI KRIMINOLOGI TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA

Vitasari, Indah Noor (2018) STUDI KRIMINOLOGI TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1. COVER.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3. DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Pernyataan Publikasi.jpg

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4. BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
File 5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
File 6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
File 7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
File 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Studi kriminologi terhadap faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga Di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga dan upaya penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga yang dilkukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Empiris. Penelitian yang menggunakan metode pendekatan Yuridis Empiris berarti menggabungkan data primer dan data sekunder. Penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif. Adapun dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode dokumen dan wawancara ke Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berncana Provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian yang dilakukan di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah menunjukan bahwa : 1. Faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga yaitu karena adanya 2 (dua) faktor yang mempengaruhi yaitu faktor dari diri pelaku itu sendiri (faktor internal) dan faktor yang mempengaruhi dari luar diri pelaku(faktor eksternal). Faktor internal, penyimpangan seksual, gangguan kepribadian, perilaku dari dalam diri pelaku maupun korban itu sendiri. Faktor Eksternal, faktor orang tua, faktor ekonomi, faktor orang ketiga, faktor pernikahan dini, faktor anak, kurangnya pengetahuan tentang keberadaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004, faktor Sopan Santun, faktor masa lalu, faktor salah paham.2. Upaya Dinas dalam penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga yaitu adanya upaya preventif dan upaya represiv. Upaya preventif yaitu Dinas melekukan kerjasama dengan pusat pelayanan terpadu yang beranggotakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Profesi dll. Salah satu bentunya adalah melakukan sosialisasi mengenai keberadaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004, memberikan penyuluhan mengenai keluarga berencana dan keharmonisan. Adapun upaya Preventif yang dilakukan Dinas adalah layanan pengaduan, layanan kesehatan, layanan rehabilitasi sosial, layanan penegagakan hukum dan pendampingan advokasi, serta layanan pemulangan korban Kata Kunci : Kekerasan Dalam Rumah Tangga,Faktor-faktor penyebab Kekerasan dalam Rumah tangga, Kriminologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:49
Last Modified: 29 Oct 2018 04:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item