SISTEM KLASTERISASI POTENSI KEMAMPUAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS PADA RAUDATUL ATFHAL (RA) NURUL HIKMAH

NUR, RAYANA (2018) SISTEM KLASTERISASI POTENSI KEMAMPUAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS PADA RAUDATUL ATFHAL (RA) NURUL HIKMAH. Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengisian buku penghubung pada RA. Nurul Hikmah masih dilaksanakan secara manual dimana masih menggunakan buku dari sekolah yang harus dibawa setiap hari. Hal ini kurang efektif karena apabila anak lupa membawa buku tersebut maka proses penilaian kegiatannya tidak dapat dilakukan. Selain itu, buku penghubung yang ada belum bisa membantu guru dan orangtua dalam melihat potensi anak. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibangun sebuah sistem klasterisasi potensi kemampuan anak yang dapat memberikan kemudahan bagi guru dan orangtua dalam melihat arah potensi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode K-Means dalam penentuan potensi kemampuan anak. Parameter yang digunakan adalah data kegiatan anak yang ada pada buku penghubung. Dari data tersebut akan ditentukan jumlah cluster yang akan dibentuk. Kemudian menentukan titik pusat (centroid) secara random dan menghitung jarak terdekat setiap data ke pusat kelompok dengan menggunakan rumus Euclidean distance. Hasil dari perhitungan jarak tersebut akan dikelompokkan berdasarkan jarak euclideannya. Jika masih ada data yang berubah maka prosesnya akan masuk ke iterasi berikutnya, namun jika data clusternya tetap maka proses akan dihentikan. Berdasarkan implementasi sistem, hasil dari proses klastersasi telah yang dilakukan sebanyak 5 kali iterasi terdapat 9 anak masuk dalam kelompok agama dan 11 anak masuk dalam kelompok umum. Kata kunci : Metode K-Means, Potensi Anak, Klasterisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:47
Last Modified: 29 Oct 2018 04:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item