KEDUDUKAN HUKUM YAYASAN PANTI ASUHAN SEBAGAI WALI DARI ANAK PANTI ASUHAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatullah Yayasan Amanah Purwodadi)

Mulyani, Endah (2018) KEDUDUKAN HUKUM YAYASAN PANTI ASUHAN SEBAGAI WALI DARI ANAK PANTI ASUHAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatullah Yayasan Amanah Purwodadi). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 1_COVER.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2_ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3_DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4_BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
File 5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
File 6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
File 7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
File 8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kedudukan hukum yayasan panti asuhan dalam melakukan perwalian untuk anak-anak panti yang berada di bawah naungan panti asuhan yayasan amanah sekaligus menjelaskan tanggung jawab yayasan panti asuhan dalam perannya sebagai wali untuk anak-anak asuhnya. Pondok Pesantren Hidayatullah Yayasan Amanah Purwodadi, menjadi tempat penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan yuridis sosiologi guna mengumpulkan data dengan melakukan wawancara kepada responden terkait dengan judul skripsi, melakukan studi kepustakaan yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam skripsi ini. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1. Di dalam Peraturan Perundang- undangan telah dijelaskan bahwa suatu yayasan panti asuhan dapat menjadi wali untuk anak-anak asuhnya dengan cara harus melalui penetapan pengadilan. Namun yayasan amanah selama ini belum pernah mengajukan permohonan sebagai wali untuk anak-anak asuhnya dikarenakan selama ini anak-anak yang diasuh diserahkan oleh keluarganya secara kekeluargaan dengan membuat surat perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, sehingga selama ini yayasan amanah hanya melakukan pelayanan sosial dan secara hukum yayasan amanah tidak sah sebagai wali untuk anak-anak asuhnya. 2. Yayasan panti asuhan bertanggung jawab terhadap anak yang tidak memiliki orang tua adalah sama halnya dengan wali yang lain seperti menjamin kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan anak tersebut serta mengurus harta bawaan anak tersebut dan pihak yayasan harus mewakili anak tersebut dalam melakukan perbuatan hukum. Kata Kunci: Kedudukan Yayasan, Panti Asuhan, Perwalian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:40
Last Modified: 30 Oct 2018 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item