BULUADE, TEGUH SAMUDRA (2018) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM (IPMS) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX) (Studi Kasus : PT. Nadira Prima). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.
|
Text
1.COVER.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Selama ini, di PT Nadira Prima belum pernah melakukan pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh yang melibatkan Stakeholder diantaranya investor, pelanggan, supplier, karyawan dan masyarakat. PT Nadira Prima melakukan penilaian kinerja hanya dengan melihat hasil produksi perusahaan di tiap tahun nya. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui keinginan dan kebutuhan stakeholder perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan menerapkan metode integrated performance measurement systems. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Identifikasi level perusahaan dilakukan menggunakan metode Integrated Performance Measurement System dengan melakukan wawancara dengan pihak PT Nadira Prima. Identifikasi Stakeholder Requirement dilakukan menggunakan metode Integrated Performance Measurement System dengan melakukan penyebaran kuesioner pendahuluan kepada pihak PT Nadira Prima. Dari penyebaran kuesioner pendahuluan untuk mengetahui Stakeholder Requirement diperoleh 7 kebutuhan untuk Stakeholder (Pemangku Kepentingan) Pemilik, 8 kebutuhan untuk Stakeholder (Pemangku Kepentingan) Karyawan, 5 kebutuhan untuk Stakeholder (Pemangku Kepentingan) Supplier, dan 5 kebutuhan untuk Stakeholder (Pemangku Kepentingan) Pelanggan. Identifikasi stakeholder (Pemangku Kepentingan) perusahaan dilakukan bertujuan untuk mempermudah penyusunan Objective perusahaan. Berdasarkan hasil pembobotan diperlihatkan bahwa tujuan (Objective) peningkatan motivasi dan loyalitas karyawan merupakan kinerja perusahaan yang menjadi prioritas dari perusahaan karena memiliki nilai bobot terbesar diantara tujuan (Objective). Hal ini ditunjukan dari nilai bobot tujuan ini sebesar 0,6687. Scoring system dilakukan dengan menggunakan Objective Matrix, Hasil dari pembobotan AHP dikalikan dengan nilai pencapaian dari masing masing KPI sehingga Perusahaan mendapat nilai 4,2898% untuk keseluruhan nilai performansi dan dikategorikan kinerja yang dicapai perusahaan yaitu sedang atau di atas standar yang sudah ada (cukup baik). Rekomendasi diberikan terhadap KPI (Key Performance Indicators) yang berada pada kategori merah dalam perhitungan Objective Matrix (OMAX). Kata kunci : Pengukuran Kinerja Perusahaan, IPMS, dan OMAX
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 02:35 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 02:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11661 |
Actions (login required)
View Item |