PENENTUAN PARAMETER SETTING MESIN 5 PADA PRODUKSI BENANG SILKRA TIPE 81/48 DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI UNTUK MENCAPAI NILAI KUALITAS DENIER YANG DI TARGETKAN (Studi Kasus : PT. Asia Pacific Fibers, Tbk)

YULIYANTI, ASTIN (2018) PENENTUAN PARAMETER SETTING MESIN 5 PADA PRODUKSI BENANG SILKRA TIPE 81/48 DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI UNTUK MENCAPAI NILAI KUALITAS DENIER YANG DI TARGETKAN (Studi Kasus : PT. Asia Pacific Fibers, Tbk). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

PT. Asia pacific fibers, Tbk merupakan produsen terkemuka dan pemasar benang Fillament polyester yang berlokasi di desa Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Tepatnya di Jl. Raya Semarang-Kendal dengan jarak 19 Km dari pusat kota Semarang. PT. Asia pacific fibers, Tbk memproduksi 2 jenis benang berdasarkan proses produksinya yaitu benang regular (Regular Polyester Yarns) dan benang spesial (Speciality Fillament Yarns). Benang Regular merupakan benang yang dihasilkan dengan sistem produksi Make to Stock, benang spesial merupakan merupakan benang yang dihasilkan dengan sistem produksi Make to Order. Pada 2016 PT. Asia Pacific Fibers, Tbk membuat inovasi baru teknologi pembuatan benang silkra yang bertempat di departemen MKI 2. Karena adanya proses baru untuk proses produksi benang silkra, maka diperlukan penentuan setting parameter untuk keberhasilan proses produksi.pada kasus ini parameter yang sussah untuk mencapai target yaitu kualitas denier. Setting parameter merupakan penyetelan nilai-nilai parameter dalam produksi untuk memenuhi standar kualitas yang sudah ditargetkan (seperti temperatur, pressure, speed, frequensi, dan lain-lain). untuk itu akan digunakan metode taguchi pada penelitian ini. Metode Taguchi merupakan suatu sistem dalam rekayasa kualitas yang mempertimbangkan penghematan biaya eksperimen dengan menerapkan konsep- konsep rekayasa dan statistik. Metode Taguchi termasuk salah satu metode dalam off line quality control untuk mendesain proses dan produk. Untuk memperoleh setting parameter pada kualitas Denier yang harus dilakukan yaitu menentukan faktor dan level yang kemudian akan di buat menjadi matriks ortogonal array. Matriks tersebut digunakan untuk melakukan eksperimen di setiap percobaannya pada studi kasus ini matriks ortogonal array yang di pakai yaitu L4(23) karena terdiri dari 3 faktor dan 2 level. Setelah di lakukan percobaan hasil akan di uji di laboratorium. Setelah mendapatkan hasil kualitas denier dalam percobaan maka akan di analisa tingkat rata-rata dan S/N Ratio yang nantiny akan mengetahui Setting level optimal yang terpilih.Setting Level optimal yang terpilih yaitu A2 (Frequensi Gear Pump dengan niali 38.3 Hz), B1(Windding Speed dengan nilai 3126 meter/menit), dan C2 (Temperature Downtherm Boiler dengan nilai 296 oC). Kata kunci : Benang silkra, Kualitas Denier, Setting Parameter, PT. Asia pacific fibers Tbk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:34
Last Modified: 30 Oct 2018 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item View Item