STUDI PERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN METODE KOLOM GROUT MODULAR PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL PEMALANG – BATANG STA 353+200

Sulfa, Maghfira Fella and Sa’adati, Yuli Rizqi (2018) STUDI PERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN METODE KOLOM GROUT MODULAR PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL PEMALANG – BATANG STA 353+200. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Pulau Jawa merupakan pulau paling padat di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 160 juta jiwa atau 60 % dari jumlah penduduk di Indonesia. Banyak kota di Pulau Jawa mengalami pertumbuhan ekonomi. Guna mempermudah kegiatan perekonomian tersebut pemerintah melakukan program pembangunan Jalan Tol Trans Jawa. Pembangunan Jalan Tol tersebut nantinya sebagai alternatif pengurangan masalah transportasi, peningkatan pemerataan pembangunan, dan terjadinya multiplier effect pertumbuhan perekonomian. Jalan Tol Ruas Pemalang – Batang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa. Pada proyek pembangunan Jalan Tol Pemalang – Batang STA 353+200 melalui Sungai Gesrek, sehingga perlu dilakukan perencanaan jembatan pada perencanaan jalan utama. Tanah lunak dengan daya dukung yang rendah serta tingkat kompresbilitas yang besar pada tanah dasar di bawah timbunan oprit dapat menyebabkan terjadinya kelongsoran pada oprit jembatan dan timbulnya kerusakan pada perkerasan jalan diatas timbunan serta penghubung antara oprit dan abutment. Perbaikan tanah pada oprit jembatan Sungai Gesrek dilakukan dengan metode Kolom Grout Modular (KGM). Kolom Grout Modular yaitu metode perkuatan tanah menggunakan bahan air dan semen. Material campuran diinstall kedalam tanah dengan auger khusus sehingga membentuk kolom dengan diameter tertentu. Timbunan Load Transfer Platform (LTP) diletakkan diatas KGM, guna mendistribusikan beban. Sehingga tegangan dapat ditransfer dari tanah sekitarnya kedalam kolom yang mengakibatkan penurunan tegangan pada tanah lunak. Pada tugas akhir ini dilakukan permodelan KGM dengan 2 tipe dengan program numerik Plaxis V.8.2, yaitu tipe plate dan tipe cluster, sehingga dapat dibandingkan hasil perhitungan penurunan total, tekanan air pori berlebih, tegangan efektif dan penurunan pada LTP. Setelah konstruksi terkonsolidasi selama 50 tahun, didapatkan hasil penurunan total konstruksi pada permodelan tipe plate sebesar 13,265 cm dan tipe cluster sebesar 19,209 cm. Tekanan air pori berlebih KGM tipe plate sebesar -8,09 x 10 -7 kN/m. Sedangkan KGM tipe cluster memiliki tekanan air pori berlebih sebesar -1,22 x 10 -10 kN/m 2. Tipe plate mengalami tegangan efektif 2.96 x 10 kN/m 2 2 kN/m 2 dan tipe cluster mengalami tegangan efektif sebesar -3.19 x 10. Sedangkan penurunan pada LTP setelah konstruksi terkonsolidasi 10 tahun untuk tipe plate sebesar 9,8 cm dan tipe cluster mengalami penurunan sebesar 16,10 cm. Kata kunci : Tanah lunak, Oprit, Kolom Grout Modular, plate, cluster, Plaxis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:56
Last Modified: 29 Oct 2018 04:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11588

Actions (login required)

View Item View Item