TINJAUAN YURIDIS PERTIMBANGAN HUKUM PENGESAHAN ANAK LUAR KAWIN DI PENGADILAN AGAMA JEPARA (STUDI KASUS TERHADAP PERKARA NOMOR: 166/Pdt.P/2017/PA.Jepr)

Dyandhyta, Betty Yolanda (2018) TINJAUAN YURIDIS PERTIMBANGAN HUKUM PENGESAHAN ANAK LUAR KAWIN DI PENGADILAN AGAMA JEPARA (STUDI KASUS TERHADAP PERKARA NOMOR: 166/Pdt.P/2017/PA.Jepr). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img] Text
COVER.docx

Download (873kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)

Abstract

Anak luar kawin adalah anak yang dilahirkan bukan dari sebuah perkawinan yang sah. Salah satu faktor penyebab terjadinya anak luar kawin adalah anak yang lahir dari perkawinan yang hanya dilaksanakan menurut agama saja dan tidak dicatat di Kantor Catatan Sipil dan/atau Kantor Urusan Agama. Anak luar kawin akan menjadi anak sah jika dilakukan pengesahan melalui perkawinan orang tuanya. Oleh karena itu, dalam penetapan pengesahan anak luar kawin di Pengadilan Agama Jepara Nomor 166/Pdt.P/2017/PA.Jepr diajukan permohonan pengesahan anak luar kawin untuk ditetapkannya menjadi anak sah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penetapan dan pertimbangan hukum hakim Pengadilan Agama Jepara Nomor 166/Pdt.P/2017/PA.Jepr tentang Pengesahan Anak Luar Kawin serta akibat hukum yang timbul setelah adanya penetapan pengesahan anak luar kawin. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif.Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dengan cara melakukan penelitian langsung terhadap obyek penelitian untuk memperoleh data (riset lapangan) melalui interview, yaitu cara pengumpulan data dengan mengadakan wawancara atau tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan obyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam Putusan Nomor 166/Pdt.P/2017/PA.Jepr,Majelis Hakim mengabulkan permohonan pemohon sehingga anak luar kawin tersebut menjadi anak sah.Akibat hukum dari pengesahan tersebut,kedudukan anak luar kawin yang telah disahkan akan sama seperti anak sah pada umumnya, sehingga akan timbul antara hak dan kewajiban selaku anak. Oleh sebab itu, setiap perkawinan hendaknya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, agar anak-anak yang dilahirkan dari perkawinan tersebut mempunyai kedudukan yang sah dimata hukum agama maupun negara. Kata kunci: pengesahan anak luar kawin, Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:56
Last Modified: 29 Oct 2018 04:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item