TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA ANAK YANG MENGALAMI KEKERASAN

Rizqianita, Avi (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA ANAK YANG MENGALAMI KEKERASAN. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4 BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
File 5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
File 7 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
File 8 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
File 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Anak merupakan suatu amanat yang diberikan oleh Allah kepada seorang suami dan istri yang telah sah melakukan suatu perkawinan agar dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik sebagai orang tua dan tidak mengabaikannya amanat tersebut. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian mengenai “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hak Dan Kewajiban Orang Tua Dalam Memberikan Perlindungan Kepada Anak Yang Mengalami Kekerasan”. Tujuan dari penulisan hukum ini untuk mengetahui bentuk upaya orang tua dalam melakukan suatu perlindungan anak yang mengalami kekerasan, serta untuk mengetahui kewajiban orang tua terhadap anak dan sebaliknya seorang anak kepada orang tua. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dimana metode yang dilakukan dengan cara membaca, mengkaji, dan menganalisis bahan-bahan kepustakaan yang berupa buku-buku referensi, peraturan perundang-undangan, makalah, laporan, penelitian, artikel jurnal, arsip, dan dokumen, serta artikel dalam internet. Hasil penelitian dari penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa: bentuk upaya perlindungan terhadap anak yang mengalami kekerasan berupa perlindungan khusus, dengan cara melakukan bimbingan (konseling), pengarahan ,maupun rehabilitasi, yang pada dasarnya upaya tersebut tidak lepas dari nilai-nilai maslahat yang ingin dicapai untuk semua pihak bahkan juga bagi pelaku. Orang tua juga memiliki kewajiban penuh dalam melakukan perlindungan terhadap anak. Kata Kunci : Hukum Islam, Hak dan Kewajiban, Anak, Kekerasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:55
Last Modified: 29 Oct 2018 04:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11578

Actions (login required)

View Item View Item