PERLINDUNGAN KONSUMEN APABILA TERJADI KESALAHAN PENGIRIMAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PT. ROYAL EXPRESS INDONESIA KOTA SEMARANG

Fathurahman, Arya (2018) PERLINDUNGAN KONSUMEN APABILA TERJADI KESALAHAN PENGIRIMAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PT. ROYAL EXPRESS INDONESIA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Image
PUBLIKASI.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Perlindungan Konsumen Apabila Terjadi Kesalahan Pengiriman Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di Rex Kota Semarang”. Dalam menanggulangi permasalahan kesalahan pengiriman yang terjadi di REX kota Semarang. Berdasarkan uraian dalam Skripsi ini, permasalahan yang akan di teliti adalah: 1)Bagaimana perlindungan hukum terhadap kesalahan pengiriman menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang terjadi di Indonesia? 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap kesalahan pengiriman menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di REX Kota Semarang ? Tujuan penelitian dalam penelitian ini : 1) Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap kesalahan pengiriman menurut Undang-Undang nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang terjadi di Indonesia. 2) Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap kesalahan pengiriman menurut undang-undang nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di REX Kota Semarang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Dalam hal terjadi wanprestasi, pihak perusahaan jasa pengiriman barang dapat dimintai ganti kerugian berdasarkan ketentuan dalam Pasal 1243 KUH Perdata Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang selanjutnya disebut UUPK, Pasal 4 huruf g menyatakan bahwa konsumen memiliki hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. 2) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kantor REX Semarang dengan anggapan adanya wanprestasi yang dilakukan REX, maka kemudian muncul tuntutan pemutusan perjanjian dan ganti rugi oleh konsumen. Namun demikian untuk adanya tuntutan ganti rugi diharuskan ada pembuktian terlebih dahulu untuk mengetahui siapa pihak yang bersalah dan harus bertanggungjawab. Pada dasarnya sebagaimana diatur Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 menyatakan bahwa penyelesaian sengketa konsumen dapat ditempuh melalui pengadilan atau diluar pengadilan berdasarkan pilihan sukarela para pihak yang bersengketa. Dalam menyelesaikan masalah pengiriman paket barang biasanya pihak REX dan konsumen dilakukan secara musyawarah dan tidak sampai masuk di pengadilan. Fakta dalam praktek PT. REX berdasarkan vicarious liability bertanggung jawab tetapi dalam pemenuhannya belum memperhatikan hak atas kenyamanan konsumen, karena konsumen sering berhadapan dengan proses yang lama dan rumit. Padahal dalam UUPK dikenal professional liability yang menggunakan tanggung jawab mutlak dimana beban untuk membuktikan kesalahan pada pihak pelaku usaha tidak perlu dilakukan oleh konsumen. Artinya, pihak pengelola harus langsung bertanggung jawab atas kerugian pengguna jasa REX tersebut. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Kesalahan Pengiriman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:54
Last Modified: 29 Oct 2018 04:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item