PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Kedungpane Semarang)

Isnianto, Ahmad Rizal (2018) PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Kedungpane Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Kedungpane Semarang) Dalam skripsi ini yaitu membahas tentangPembinaan terhadap Narapidana Pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika, untuk melaksanakan pembinaan tersebut diperlukan juga partisipasi atau keikutsertaan masyarakat, baik dengan mengadakan kerjasama dalam pembinaan maupun sikap bersedia menerima kembali Narapidana yang telah selesai menjalani pidananya. Penulisan skripsi ini dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Pengaturan pembinaan Lembaga Pemasyarakatan dalam membina Narapidana, metode pembinaan dalam pelaksanaan kebiakan Lembaga pemasyarakatan terhadap Narapidana pelaku tindak pidana Narkotika dan Kendala-kendala apa saja dalam pelaksanaan kebijakan Lembaga Pemasyarakatann dalam membina Narapidana pelaku tindak pidana Narkotika, yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1A Kedungpane Semarang. Penelitian ini menggunakan spesifikasi penelitian dcskriptif-analisis. Jenis penelitian yang dilakukan memakai pendekatan hukum yuridis-sosiologis yaitu mengutamakan hasil wawancara. Jenis data yang dipergunakan meliputi primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu kepustakaan dan penelitian lapangan berupa wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis normatif deskriptif yakni menggambarkan tentang tinjauan yuridis mengenai pembinaan Narapidana. Penelitian ini mengambil lokasi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1A Kedungpane Semarang. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa pengaturan pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan mempunyai 4 Bidang yaitu bidang pembinaan Narapidana, bidang kegiatan kerja, bidang administrasi keamanan dan tata tertib dan bidang kesatuan pengamanan Lembaga Pemasyarakatan, kemudian metode pembinaan narapidana melalui 3 tahapan yaitu tahap awal meliputi admisi dan orientasi dan pembinaan kepribadian, kemudian tahap lanjutan meliputi pembinaan kemandirian. Kemudian Tahap Akhir merupakan program tambahan. Adapun program tambahan terhadap Narapidana Narkotika antara lain : Kegiatan perawatan kesehatan umum, perawatan ketergantungan Narkotika dan perawatan kesehatan mental dan rohani. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu kurangnya Petugas dan SDM Pemasyarakatan, Keterbatasan dana. Oleh karena itu disarankan kepada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Kedungpane Semarang untuk menambah Petugas Pemasyarakatan khususnya dibidang Pembinaan Narapidana, dan menambah kerjasama dengan pihak ketiga atau Instansi yang bisa membantu dalam membinan Narapidana agar menjadi lebih baik. Kata Kunci : Pengaturan Pembinaan, Metode pembinaan, Kendala, Narapidana, Narkotika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:52
Last Modified: 29 Oct 2018 04:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item