HUBUNGAN ANTARA SEROTIPE DEN-2 DARI ISOLATEAEDES AEGYPTI DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE Studi Kasus di Daerah Endemis DBD Kota Semarang

Wijayanti, Dwi (2015) HUBUNGAN ANTARA SEROTIPE DEN-2 DARI ISOLATEAEDES AEGYPTI DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE Studi Kasus di Daerah Endemis DBD Kota Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI_Dwi Wijayanti_01.211.6371_Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI_Dwi Wijayanti_01.211.6371_Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI_Dwi Wijayanti_01.211.6371_Intisari.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Permasalahan DBD yang terjadi di Indonesia adalah masih tingginya insiden dan penyebaran penyakit yang semakin meluas, sehingga dibutuhkan pengendalian vector yang lebih intensif. Virus dengue merupakan penyebab DBD dari segi agent. Beberapa penelitian telah menunjukkan dominasi DEN-2 di Indonesia, namun identifikasi DEN-2 di wilayah Kota Semarang sebagai wilayah endemis DBD masih terbatas. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan serotipe DEN-2 dari isolat Aedes aegypti dengan kejadian DBD di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Serotipe DEN-2 sebagai variabel bebas dan kejadian DBD sebagai variabel terikat. Sampel yang digunkan adalah nyamuk Aedes aegypti betina yang ditangkar dari telur Aedes aegypti yang didapat dari wilayah Kecamatan Genuk sebagai wilayah kejadian tertinggi dan wilayah Kecamatan Semarang Utara sebagai wilayah kejadian terendah. Kemudian serotipe virus Dengue diteliti di laboratorium dengan menggunakan metode RT-PCR. Uji fisher exact test digunakan untuk mengetahui hubungan antara serotipe DEN-2 dengan kejadian DBD. Hasil penelitian menunjukkan serotipe DEN-2 ditemukan pada 5 isolat dari total 30 isolat Aedes aegypti yang diidentifikasi (16,7%), dari jumlah tersebut 10,0% ditemukan di wilayah dengan kejadian DBD tinggi. Uji fisher exact diperoleh p = 1,000 (p > 0,05) menunjukkan tidak ada hubungan antara serotip DEN-2 dari isolat nyamuk Aedes aegepty dengan kejadian DBD di daerah endemis Kota Semarang. Kesimpulan “tidak ada hubungan antara serotip DEN-2 dari isolat nyamuk Aedes aegepty dengan kejadian DBD di daerah endemis Kota Semarang”. Namun penelitian ini memperkuat hasil penelitian sebelumnya tentang kejadian DBD adalah multifaktorial. Kata kunci: serotip DEN-2, Kejadian DBD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2015 01:13
Last Modified: 05 Aug 2015 01:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item