Wakhidah, Laili (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL PADA MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
Abstract
Kata Kunci : Diskursus Multy Reprecentacy, kemampuan penalaran proporsional, aktivitas belajar. Kemampuan penalaran proporsional sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam proses belajar. Kemampuan penalaran proporsional adalah suatu cara berpikir yang melibatkan kepekaan tentang hubungan kuantitatif dan membandingkan rasio. Salah satu upaya dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy, dimana pada model pembelajaran tersebut siswa memanfaatkan berbagai representasi seperti buku, artikel, berita, poster, bahan internet, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa pada materi trigonometri kelas X dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy mencapai ketuntasan klasikal 75%, mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy pada materi trigonometri lebih dari rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Reciprocal Teaching, dan mengetahui adanya pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA ANNIDHAM Demak tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, didapat kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Reciprocal Teaching. Kelas XII sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah meode tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normaslitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar, uji banding, uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy mencapai ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 33 dari 36 siswa (2) rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy sebesar 78,92 dan rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Reciprocal Teaching sebesar 72,32 (3) terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy sebesar 65,7% variasi yang terjadi di dalam aktivitas belajar siswa melalui regresi Ŷ = 95,361 + 1,657 X , sedangkan 34,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:09 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11483 |
Actions (login required)
View Item |