Hartatik, Sri (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI DALAM METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 03 TROSO PECANGAAN JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (799kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
Abstract
Fokus dalam penelitian ini adalah pengaruh keterampilan mengklasifikasi dalam menggunakan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar siswa serta membandingkan dengan metode pembelajaran ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan mengklasifikasi dalam metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana siswa kelas 5 dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen lebih baik dari metode pembelajaran ceramah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan Metode penelitian yang dipilih yaitu Penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Controlgroup Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan teknik sampel jenuh. Analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian yaitu menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan pada uji regresi linier sederhana dengan hasil nilai t hitung =1,780, t tabel= 2,007 sehingga t tabel > t hitung dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 Maka Ho ditolak. 2) Metode pembelajaran eksperimen lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan metode ceramah, dibuktikan dengan uji t dan diperoleh nilai T tabel = 2,00723 dan T hitung = -0,47619. Sehingga keputusan uji hipotesisnya adalah- ttabel ≤ thitung ≤ ttabel, karena -2,00723 < -0,47619 < 2,00723 maka H0 diterima. Kata Kunci : Keterampilan Mengklasifikasi, Metode Eksperimen, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:12 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:12 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11459 |
Actions (login required)
View Item |