PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SIKAP KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III

Agustina, Shinta Nindi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SIKAP KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Kemampuan Literasi Matematika secara umum masih tergolong rendah. Siswa cenderung belum bisa memahami isi dan maksud dari soal cerita. Diperlukan model pembelajaran yang inovatif untuk memperbaiki rendahnya kemampuan literasi matematika. Model pembelajaran Bamboo Dancing adalam model pembelajaran yang menekankan siswa bekerjasama dengan kelompoknya untuk menemukan jawaban dari suatu permasalahan sehingga diharapkan model pembelajaran Bamboo Dancing dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap kemampuan literasi matematika dan sikap kerjasama siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Sembungharjo 02. Peneliti memberikan treatment pada kelas sampel dan memberikan soal kemampuan literasi matematika. Kemudian setelah mendapatkan data, data dianalisis menggunakan uji hipotesis 1 dan 2 dengan menggunakan uji regresi dan uji determinasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh (1) ada pengaruh sikap kerjasama pada model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap Kemampuan Literasi Matematika mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri Sembungharjo 02 dibuktikan dengan adanya kenaikan 16,5% pada kemampuan literasi matematika siswa dan (2) terdapat 88,6% pengaruh sikap kerjasama pada model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan 11,6 disebabkan faktor lain. Kata Kunci : Model Pembelajaran Bamboo Dancing, Kemampuan literasi matematika, Kerjasama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:11
Last Modified: 05 Oct 2018 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11457

Actions (login required)

View Item View Item