Mahatsari, Sany Wulan Suci (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU VIDEO MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
Abstract
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa secara garis umum masih rendah, maka invasi-inovasi pembelajaran sangat diperlukan, untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Salah satu inovasi nya yaitu dengan memberikan Pendekatan Saintifik, Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan ilmiah dimana siswa belajar mencari informasi dengan sendiri, hal ini menimbulkan pemahman dalam menguasai konsep matematika. Selain itu penggunaan media juga diperlukan guna memberikan motivasi belajar kepada siswa, agar tidak mengalami kejenuhan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantu video match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa kelas V SD Karangroto 01. Dengan perlakuan memberikan tes kemudian mengolah data. Data yang diperoleh kemudian dianalisi untuk mendapatkan hasil serta menjawab hipotesis, adapun uji hipotesis yaitu pengaruh dengan regresi linier sederhana, dan uji z proporsi, uji (t) ketuntasan belajar pemahaman konsep. Hasil analisis hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) nilai regresi sebesar Y= 30.337+0.547X, artinya jika ada motivasi belajar siswa maka akan mengakibatkan naiknya kemampuan pemahaman konsep matematika. (2) Ketuntasan Belajar Pemahaman konsep ≥ 65 dengan perolehan t_hitung>- t_tabel, maka 0.123 > -2.032. dengan dk-1 dan taraf signifikan 5%. Serta memenuhi ketuntasan kalsikan ≥ 65% dengan perolehan z_(hitung )>- z_tabel. Dimana 1.506 > -1.64. dari hasil perhitungan dan analisis data yang ada maka diperoleh terdapat pengaruh motivasi belajar pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantu video match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dan pemahaman konsep matematika siswa di SD Karangroto 01 dengan pendekatan saintifik berbantu video match dapat memenuhi KKM. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, video match, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11456 |
Actions (login required)
View Item |