Saputri, Rany Dwi (2018) KEEFEKTIFAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA EKSPRESOMATIKA TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (987kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model collaborative learning berbantuan media ekspresomatika terhadap sikap rasa ingin tahu dan kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di kelas IA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model collaborative learning dan kelas IB sebagai kelas kontrol dengan model konvensional dengan desain penelitian adalah True Eksperimen Desain, berbentuk Posttest Only Control. Teknik pengambilan data ke dua kelas dilakukan dengan instrumen yang sama. Dari data yang diperoleh akan dilakukan pengujian normalitas, homogenitas, dan dua rata-rata untuk mengetahui keadaan masing-masing kelas sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Kemudin akan dilakukan pengujian hipotesis 1 dan hipotesis 2 dari data akhir untuk mengetahui model mana yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, dari hasil perhitungan hipotesis 1 yang telah dilakukan peneliti terkait kemampuan literasi matematika diperoleh nilai thitung sebesar -0,315 dan ttabel sebesar 1,992 dengan taraf signifikan 0,05. Karena -ttabel (-1,992) ≥ thitung (-0,315) ≤ ttabel (1,992) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model collaborative learning lebih baik atau sama terhadap kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model konvensional. Sedangkan hasil pengujian hipotesis 2 terkait sikap rasa ingin tahu siswa memperoleh hasil thitung sebesar 2465 dan ttabel sebesar 1,992, karena -ttabel (-1,992) ≤ thitung (2,465) ≥ ttabel (1,992) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap rasa ingin tahu siswa dengan menggunakan model pembelajaran collaborative learning lebih baik atau sama terhadap sikap rasa ingin tahu siswa dengan menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Keefektifan, model collaborative learning, kemampuan literasi, sikap rasa ingin tahu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11453 |
Actions (login required)
View Item |