PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDN SUDAN

Akromah, Minhatul (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDN SUDAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Minat belajar siswa siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan Minat belajar siswa. Model Scramble digunakan sebagai model yang digunakan untuk menumbuhkan minat belajar siswa sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dalam pembelajaran scramble terhadap prestasi belajar ipa kelas V SDN Sudan kelas sampel diberi tes dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji hipotesis yaitu uji regresi linier dan uji t. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Scramble Kelas V SDN Sudan dengan perolehan hasil 83,78%. Hasil tersebut membuktikan terdapat Pengaruh Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Scramble Kelas V SDN Sudan. (2) Berdasarkan hasil uji tersebut dipeoleh thitung > ttabel yaitu 2,456 > 2,008, sehingga Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini diperkuat dengan diperoleh bahwa thitung adalah 2,456 dan ttabel 2,008 pada ɑ 5%. Berdasarkan hasil uji tersebut dipeoleh thitung > ttabel yaitu 2,456 > 2,008, sehingga Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap prestasi belajar IPA pada kelas V SD Negeri Sudan. Peneliti menyarankan, dalam pelaksanaan model scramble guru harus melakukan dengan lebih baik agar minat siwa tumbuh dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Minat Belajar, Model Pembelajaran Scramble, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:17
Last Modified: 05 Oct 2018 04:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item