Nazilah, Itsna Iin (2018) ANALISIS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SD DI KECAMATAN GENUK SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
5 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text
6 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
Text
8 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text
7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD di Kecamatan Genuk Semarang yang berdasarkan antara lain: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan analisis pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI sekolah dasar di Kecamatan genuk Semarang. Teknik pengumpulan data antara lain dokumentasi untuk memperoleh data peserta didik sebanyak 268 soal Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD di Kecamatan Genuk Semarang, yang diambil dari soal ualangan akhir semester, kunci jawaban soal, dan lembar jawab peserta didik dan dimana hasil penelitian diwujudkan dengan angka-angka dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas soal Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD di Kecamatan Genuk Semarang dari valid (76%) dan tidak valid (24%) artinya ulangan akhir semester gasal yang diberikan kepada peserta didik dapat mengukur kemampuan peserta didik, reliabilitas terdapat nomor 1 sampai 50 koefisien 0,48 yang berkriteria cukup artinya soal ulangan akhir semester gasal yang diberikan kepada peserta didik dapat mengukur kemampuan peserta didik, kesukaran terdapat (54%) kriteria sedang dan (28%) kriteria mudah artinya soal ulangan akhir semester gasal tidak dapat memdakan kemampuan peserta didik yang berkemampuan tinggi dan rendah maupun mengukur kemampuan peserta didik, daya pembeda terdapat (52%) yang berkriteria cukup artinya soal ulangan akhir semester gasal yang diberikan kepada peserta didik dapat mengukur kemampuan peserta didik, dan analisis pengecoh terdapat (98%) yang berkriteria kurang baik artinya soal ulangan khir semester gasal yang dijadikan engecoh tidak berfungsi dengan baik. kriteria yang telah didapatkan pengolahan data hasil belajar peserta didik dapat diketahui kriteria dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan analisis pengecoh. Sehingga, dari soal ulangan akhir semester gasal dapat diujicobakan terhadap peserta didik untuk mengetahui kualitas kemmapuan peserta didik dengan baik. Kata Kunci : Analsisi Soal, Mata Pelajaran PKn, Kelas VI, Kulaitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:16 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11417 |
Actions (login required)
View Item |