Unah, Hanik Mas (2018) PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI IQRO’ CENTER BAGI SISWA SD NEGERI BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
Abstract
Perpustakaan merupakan unsur penting dalam menunjang berhasilnya kegiatan pembelajaran, oleh karenanya pengelolaan perpustakaan harus dimaksimalkan. Fungsi perpustakaan pada umumnya adalah sebagai sumber belajar karena di dalamnya terdapat berbagai bahan pustaka, tetapi permasalahannya adalah banyak perpustakaan terutama jenjang Sekolah Dasar (SD) yang pengelolaannya kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif berfokus pada perpustakaan SDN Bangetayu Wetan 02. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pustakawan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi dan diuji dengan uji credibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai kendala dan upaya sehingga menjadikan perpustakaan sekolah sebagai Iqro’ Center bagi siswa SDN Bangetayu Wetan 02. Iqro’ Center merupakan konsep perpustakaan islami yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan siswa dalam membaca dan diskusi sesuai QS. Al-‘Alaq ayat 1-5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala terbesar perpustakaan ini adalah belum adanya pustakawan sehingga layanan sirkulasi tidak berjalan. Kendala tersebut dapat diatasi dengan cara pemenuhan pustakawan. Sesuai dengan hasil wawancara, untuk menjadikan perpustakaan sekolah sebagai Iqro’ Center bagi siswa usaha yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan bahan pustaka dengan kebutuhan siswa, serta perlunya motivasi dari guru untuk membangun minat baca dalam diri siswa. Oleh karena itu, dalam mengelola perpustakaan haruslah melibatkan guru dan siswa karena merekalah pengguna perpustakaan. Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Iqro’ Center, SD Negeri Bangetayu Wetan 02
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:16 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11407 |
Actions (login required)
View Item |