Ubaidillah, Muhamad Kholid (2018) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR MELAUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLEKTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiPenelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruhpengaruh kemandirian belajar melalui model pembelajaran (SAVI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Karangroto 01 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling sistematis,yaitu semua siswa kelas V sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Analisis data menggunakan Uji Normalitas data, Uji Homogenitas, Uji Regresi Linier, Uji Perbedaan rata-rata. Semua perhitungan tersebut diolah menggunakan excell dan SPSS versi 16. Setelah dilakukan analisis secara sistematik dengan Uji Regresi Linier dan uji-t yang dihitung dengan menggunakan program SPSS versi 16, diperoleh hasil regresi linier = 0.993 dengan signifikansi 0,000, maka 0,000 > 0,05. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan kemandirian siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan diperoleh hasil thitung = -4.920 dengan signifikansi Sig, maka Sig ˂ 0,05. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas yang menggunakan modelpembelajarSAVI dengan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemandirian siswa berbantuan SAVI, kemampuan pemecahan masalah belajar matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:20 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11370 |
Actions (login required)
View Item |