Suryadi, Mohammad (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SISWA KELAS III SD ISLAM PLUS MUHAJIRIN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih adanya siswa yang nilainya di bawah rata-rata KKM dan kurangnya Guru menggunakan Model pembelajaran secara maksimal hingga membuat motivasi belajar siswa saat pembelajaran masih rendah dan prestasinya belum mencapai maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran scrambel terhadap motivasi dan prestasi siswa? Tujuan hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran scramble terhadap motivasi dan prestasi siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SD Islam Plus Muhajirin. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain yang digunakan Quasi Exsperimental Design dengan rancangan Non Quivalent Control Grup Design. Populasi penelitian adalah Siswa SD Islam Plus Muhajirin dengan teknik Random Sampling dengan jumlah 20 kelas kontrol dan 20 kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, angket, dan dokumentasi. Data motivasi siswa diperoleh dengan instrumen angket motivasi siswa perbedaan rata-rata akhir diperoleh t hitung = 1.389 dengan signifikansi 0.173 maka 0.173 > 0.05. dengan demikian dapat dikatakan sama dalam penelitian ini antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data prestasi siswa diperoleh dengan instrumen tes siswa perbedaan rata-rata akhir diperoleh t hitung = -3.130 dengan signifikansi 0.003 maka 0.003 < 0.05 dengan demikian dapat dikatakan ada perbedaan yang signifikan antara prestasi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran scramble Guru dan siswa hendaknya mengetahui langkah-langkah model pembelajaran scramble terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran menerapkan model pembelajaran scramble agar bisa tercapai maksimal saat proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengaruh, Motivasi, Prestasi, Model Pembelajaran Scramble, PKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:20 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11369 |
Actions (login required)
View Item |