MAHMUBAH, MAHMUBAH (2018) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually berbantuan media visual di kelas V SDN Genuksari 02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase dengan ketuntasan klasikal 73,68% dan pada siklus I kriteria minat belajar siswa belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria minat belajar sangat baik dengan persentase klasikal 94,73%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan kelas 73%, meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan kelas 89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar IPS kelas V SDN Genuksari 02. Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:20 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11363 |
Actions (login required)
View Item |