PENINGKATAN SIKAP KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN TIRAI PECAHAN DI KELAS V SDN KARASGEDE 01

Palupi, Erlin Dyah (2018) PENINGKATAN SIKAP KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN TIRAI PECAHAN DI KELAS V SDN KARASGEDE 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan tirai pecahan di kelas V SDN Karasgede 01 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karasgede 01 Lasem yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes evaluasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 61% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 85%. Sedangkan hasil penelitian terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 31,42% dengan nilai rata-rata 59,14 dan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 94,28% dengan nilai rata-rata 85,14. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan sikap kreatif dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SDN Karasgede 01 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Kata Kunci : Sikap Kreatif Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:19
Last Modified: 05 Oct 2018 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11354

Actions (login required)

View Item View Item