HUBUNGAN PERILAKU KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK RETARDASI MENTAL DENGAN KARIES GIGI (Studi observasi analitik di SDLB C Widyabakti Semarang)

Huthama, Dutha Patria (2015) HUBUNGAN PERILAKU KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK RETARDASI MENTAL DENGAN KARIES GIGI (Studi observasi analitik di SDLB C Widyabakti Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI Dutha Patria Hutama 01.211.6369_Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI Dutha Patria Hutama 01.211.6369_Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI Dutha Patria Hutama 01.211.6369_Intisari.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Karies gigi hingga saat ini merupakan masalah kesehatan di indonesia terutama dialami oleh anak-anak. Anak retardasi mental memiliki keterbatasan pada perilaku adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku kesehatan anak retardasi mental terhadap karies gigi di SLB C Widya bhakti Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasi analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah total sampling dari siswa kelas 1 hingga siswa kelas 6 yang berjumlah 49 siswa. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap siswa dengan didampingi guru, sedangkan pemeriksaan karies gigi dilakukan oleh perawat gigi. Analisis data dengan mendeskripsikan hasil penelitian melalui prosentase tabulasi, kemudian ditabulasi silang selanjutnya dilakukan uji chi square untuk mengetahui adanya hubungan antara faktor perilaku kesehatan gigi dan mulut anak retardasi mental terhadap karies gigi Hasil penelitian didapatkan dari total 49 orang (100%) sample siswa dengan perilaku buruk terdapat 17 orang (23,7%) yang menderita karies sebanyak 17 orang(34,7%) dan yang tidak menderita karies sebanyak 0(0%). Siswa dengan perilaku sedang yang menderita karies sebanyak 7 orang (14,3%) dan yang tidak menderita karies sebanyak 8 orang (16,3%). Sedangkan siswa yang memiliki perilaku baik menderita karies sebanyak 2 orang (4,1%) dan yang tidak menderita karies sebanyak 23 orang (46,9%). Hasil uji chi square menunjukan hasil 26,925 dengan nilai sig 0,000. Kesimpulan penelitian bahwa ada hubungan perilaku kesehatan gigi dan mulut anak retardasi mental terhadap karies gigi. Kata Kunci : Perilaku kesehatan gigi dan mulut, karies gigi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2015 01:13
Last Modified: 05 Aug 2015 01:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item