PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LASUSUA KABUPATEN KOLAKA UTARA SULAWESI TENGGARA

Yusri, Moh. (2014) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LASUSUA KABUPATEN KOLAKA UTARA SULAWESI TENGGARA. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun berdasarkan fenomena yang terjadi dengan akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiah Negeri Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui secara jelas peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik, metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik, gambaran akhlak peserta didik di MTs Negeri Lasusua Kolaka Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah semua guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lasusua. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data me�D��� � � ü� ngkatan ketekunan pengamatan, triang ulasi, analisis kasus negatif, member check. Data dianalisis dengan teori Spradly yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lasusua sangat berperan dalam pembinaan akhlak peserta didik dan telah menfungsikan dirinya sebagai seorang pendidik profesional. Metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam sangat variatif. Metode tersebut efektif dalam pembinaan akhlak peserta didik. Akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lasusua dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari wawancara terstruktur kepada 30 peserta didik yang menunjukkan sikap hormat dan patuh kepada guru dan sesama peserta didik. Kata Kunci: Peran guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan, Metode, Akhlak siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Sep 2015 01:21
Last Modified: 07 Sep 2015 01:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item