PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Puspitasari, Heni (2018) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PUBLIKASI.jpg

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility, struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014-2016. Dengan periode pengamatan selama dengan periode 2014-2016 diperoleh data perusahaan sejumlah 150 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan beberapa pertimbangan atau kriteria tertentu, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 47 perusahaan. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. CSR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan struktur modal berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas mampu menjadi variabel intervening antara CSR terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini dapat diartikan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dapat meningkatkan perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan tinggi dan sebaliknya Corporate Social Responsibility (CSR) juga dapat menurunkan nilai perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan rendah. Profitabilitas tidak memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini dapat diartikan bahwa penambahan hutang yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha akan meningkatkan harga saham dari perusahaan tersebut, sehingga nilai perusahaan meningkat tanpa melalui profitabilitas. Kata kunci : Corporate social responsibility, struktur modal, profitabilitas, dan nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:57
Last Modified: 05 Oct 2018 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item