PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Susilowati, Ely (2018) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Masalah utama penelitian ini dalam memaksimalkan nilai perusahaan yang tinggi yang berpengaruh pada kemakmuran nilai pemegang saham menimbulkan adanya konflik kepentingan antara pemegang saham dan pengelola. Hal yang dilakukan agar tidak terjadi praktik kecurangan yang dilakukan oleh agen yang dapat menurunkan nilai perusahaan, dapat dicegah dengan adanya pengawasan atau monitoring melalui implementasi Good Corporate Governance. Faktor lain yang dapat meningkatkan nilai perusahaan yaitu tingginya peringkat kinerja lingkungan perusahaan. Perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya wajib memelihara dan menjaga kelangsungan lingkungan hidup. Perusahaan yang memiliki image/citra yang baik dalam masyarakat akan lebih banyak diminati investor, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan empat variabel independen yaitu proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kinerja lingkungan dan variabel dependen yaitu nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan 120 sampel perusahaan dari 40 perusahaan dengan tiga tahun periode pengamatan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Berdasarkan pada fakta empiris, diajukan 4 hipotesis yang meneliti keempat variabel tersebut dan hasilnya adalah proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional dan kinerja lingkungan yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:56
Last Modified: 05 Oct 2018 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item