PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABLE MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI 2015)

Prastowo, Agung (2018) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABLE MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI 2015). Diploma thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran bagi investor secara maksimal apabila harga saham tersebut meningkat. Semakin banyak peningkatan harga saham sebuah perusahaan, maka semakin maksimal pula kemakmuran investor. Informasi mengenai pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan salah satu informasi penting yang perlu disampaikan kepada para investor karena dengan adanya pengungkapan informasi mengenai corporate social resposibility dapat meningkatkan reputasi dan nilai perusahaan. Perusahaan akan dapat melakukan aktivitas corporate social resposibility apabila perusahaan memiliki profitabilitas yang baik, sehingga semakin baik profitabilitas, aktivitas corporate social resposibility meningkat dan nilai perusahaan akan meningkat pula. Penelitian ini bertujuan menguji dampak pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dan dimoderasi dengan profitabilitas. Sampel perusahaan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Dalam penelitian ini ditetapkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representative. Sesuai dengan kriteria yang diperoleh sampel 81 perusahaan manufaktur pada tahun 2015. Data ini merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesia Stock Exchange (www.idx.co.id). Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis linier berganda dengan alat bantu SPSS.Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel penelitian terdistribusi normal, seluruh variabel bebas pada penelitian ini tidak ada masalah heteroskedastisitas didalam model regresi, dan tidak adanya gejala multikolinieritas dan tidak adanya masalah di autokorelasi. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahawa: 1) Variabel corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan 2) Variabel ROA berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan 3) ROA memoderasi corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:05
Last Modified: 25 Jul 2018 02:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10909

Actions (login required)

View Item View Item