HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DENGAN KEJADIAN MALARIA DI DAERAH ENDEMIS MALARIA (Studi Observasional diDesa Bangsri Puskesmas Kajoran I Magelang)

Ridhaka, Zulfa Rera (2018) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DENGAN KEJADIAN MALARIA DI DAERAH ENDEMIS MALARIA (Studi Observasional diDesa Bangsri Puskesmas Kajoran I Magelang). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penyakit malaria merupakan ancaman wabah penyakit yang hingga saat ini sulit ditanggulangi di Kabupaten Magelang, Wilayah Puskesmas Kajoran 1 Magelang daerah dengan kasus malaria yang cukup tinggi sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui faktor resiko yang berhubungan dengan kejadian malaria. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara lingkungan sekitar rumah dan pengetahuan pencegahan masyarakat dengan kejadian malaria. Metode dalam penelitian ini observasional dengan case control. Kasus adalah penderita malaria dalam medical record puskesmas tahun 2010,sedangkankontrol adalah orang yang tidak menderita malaria yang tinggal di wilayah yang sama. Sampel 43 kasus dan 43 kontrol. Teknik pengambilan sample secara consecutive. Data di analisa dengan uji square dan uji koefisien kontingensi. Pada kelompok kasus didapatkan hasil responden yang memiliki lingkungan yang baik sebanyak 6 orang (14%),dan lingkungan buruk 37 orang (86%). Sedangkan pada kelompok kontrol responden yang memiliki lingkungan yang baik sebanyak 37 orang(86%) dan 6 orang (14%) memiliki lingkungan yang buruk. Pengetahuan pada kelompok kasus ,yang berpengetahuan baik sebanyak 6 orang (14%) dan 37 orang (86%) berpengetahuan buruk. Sedangkan pada kelompok kontrol responden yang berpengetahuan baik sebanyak 39 orang (90,7%) dan 4 orang (9,3%) berpengetahuan buruk.Hasil uji chi squarelingkungan didapatkan hasil p= 0,000 sedangkan pada pengetahuan didapatkan p=0,000. Pada uji koefisien kontingensi didapatkan lingkungan 0,585, sedangkan pada pengetahuan didapatkan 0,609. Ada hubungan antara lingkungan sekitar rumah dengan malaria dimana keeratan hubungan sedang. Ada hubungan pengetahuan pencegahan malaria dengan kejadian malaria dengan keeratan hubungan kuat. Kata kunci : Lingkungan sekitar rumah, pengetahuan pencegahan malaria, kejadian malaria

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 07:58
Last Modified: 07 May 2018 07:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item