Beladina, Wara Kusuma (2018) STRATEGI PRODUKSI PROGRAM BERITA ISLAMI MASA KINI UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
publikasi_1.pdf Download (577kB) | Preview |
Abstract
Berita Islami Masa Kini merupakan program Informasi Islam yang tayang di Trans tv sejak 28 April 2014. Berita Islami Masa Kini menyajikan Informasi seputar Islam dengan pembawaan ringan dan santai disetiap segmennya. Dalam mempertahankan program ini selama tiga tahun lebih bukanlah hal yang mudah bagi tim produksi, karena perkembangan dunia pertelevisian Indonesia saat ini semakin pesat dan persaingannyapun semakin ketat. Apalagi seiring meningkatnya jumlah televisi lokal maupun komersil, program Berita Islami Masa Kini harus tetap menjaga keeksisannya dan kelayakannya agar dapat bertahan dan bersaing dengan program-program baru. Sehingga untuk mempertahankan eksistensinya di dunia penyiaran saat ini, program Berita Islami Masa Kini menggunakan berbagai strategi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh tim produksi program Berita Islami Masa Kini dalam mempertahankan eksistensinya di dunia pertelevisian Indonesia. Peneliti mengaitkan penelitian ini dengan strategi produksi program, strategi penarikan audien, strategi promosi program, dan teori kendali organisasi dari Phillips Tompkins dan George Cheney karena untuk mempertahankan sebuah program pasti membutuhkan pengendalian dalam organisasi yang baik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempertahankan eksistensinya, tim produksi Berita Islami Masa Kini melakukan beberapa strategi, seperti 1) produser menggunakan dua cara mengendalikan tim produksi, yaitu dengan kendali sederhana dan konsertif. 2) melakukan strategi penemuan ide, perencanaan, dan persiapan dalam pra-produksinya untuk memperkuat konten pembahasan program. 3) melakukan analisis terhadap laporan daily byminute dan vertical share untuk mengetahui minat dan selera penonton. 4) melakukan promosi program untuk menarik penonton dan para calon pengiklan melalui media sosial Instagram dan memasang iklan di media sendiri. Peneliti menyimpulkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya yang terpenting adalah konten pembahasan yang cemerlang dari tim produksi dan pembawaan host yang menarik dalam menyampaikan konten pembahasan. Keterbatasan penelitian adalah sumber informasi hanya dari tim produksi sehingga diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menggali sumber informasi dari sumber lainnya. Kata Kunci : Strategi Produksi, Eksistensi, Kendali Organisasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 May 2018 07:57 |
Last Modified: | 07 May 2018 07:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10738 |
Actions (login required)
View Item |