PENGARUH GAYA KOMUNIKASI DAN KINERJA PETUGAS SPBU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada SPBU 44.591.29 Ds. Bakalan Kec. Dukuhseti Kab. Pati)

Zainuri, Ahmad (2018) PENGARUH GAYA KOMUNIKASI DAN KINERJA PETUGAS SPBU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada SPBU 44.591.29 Ds. Bakalan Kec. Dukuhseti Kab. Pati). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 1. COVER.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3. DAFTR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4. BAB I.pdf

Download (975kB) | Preview
[img] Text
FILE 5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
FILE 6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
FILE 7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
FILE 8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
FILE 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Kegiatan bisnis saat ini semakin berkembang dengan perekonomian yang semakin kompetitif. Salah satunya adalah pelaku bisnis di bidang jasa pengisian bahan bakar (SPBU) yang berupaya memenuhi kenginginan dan kebutuhan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Keberhasilan pelaku bisnis pengisian bahan bakar khususnya di SPBU 44.591.29 sangat di pengaruhi oleh kinerja petugas. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh gaya komunikasi dan kinerja petugas SPBU 44.591.29 terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya komunikasi dan kinerja petugas SPBU 44.591.29 terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini mengunakan teori kepuasan pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kusioner kepada 100 responden yang berasal dari kecamatan Dukuhseti. Objek penelitian ini adalah individu yaitu pelanggan SPBU 44.591.29 desa Bakalan dengan keknik sampling accidental sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21 dan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menujukan bahwa gaya komunikasi petugas SPBU tidak memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Gaya komunikasi yang seperti apapun ternyata kepuasan pelanggan tetap tinggi walaupun dari hasil temuan di lapangan responden mengatakan bahwa mereka tidak menyukai apabila petugas SPBU menggunakan intonasi yang tinggi, dan bahasa yang kasar. Hasil pengujian hipotesis ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar -0,935 dengan taraf signifikansi 0,353. Adapun kinerja Petugas SPBU 44.591.29 ternyata memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal itu ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis Kinerja Petugas SPBU 44.591.29 yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 10,828 dengan taraf signifikansi 0,000. Peneliti menyarankan agar pihak SPBU 44.591.29 desa Bakalan lebih memperhatikan kinerja petugas, khususnya bagian operator pengisian bahan bakar untuk memaksimalkan kinerja dalam pelayanan terhadap pelanggan agar kepuasan pelanggan lebih meningkat dan tidak berpindah ke SPBU yang lain. Kata kunci : gaya komunikasi, kinerja petugas dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 07:56
Last Modified: 07 May 2018 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item