PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA (Studi Kasus Tentang Materi dan Metode Pendidikan Islam Pada Keluarga Petani di Kecamatan Gajah Kabupaten Demak)

Ma’arif, Syamsul (2018) PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA (Studi Kasus Tentang Materi dan Metode Pendidikan Islam Pada Keluarga Petani di Kecamatan Gajah Kabupaten Demak). Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER, LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL .pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Syamsul Ma’arif (NIM: MPdI15151010496): “Pendidikan Islam dalam Keluarga (Studi Kasus Tentang Materi dan Metode Pendidikan Islam pada Keluarga Petani di Kecamatan Gajah Kabupaten Demak)”. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Islam, Program Pasca Sarjana, UNISSULA Semarang, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdullah Hadziq, MA dan Drs. M. Muhtar Arifin Sholeh, M. Lib. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kapan dan dimana pendidikan Islam pada keluarga petani dilaksanakan, materi pendidikan Islam pada keluarga petani, metode pendidikan Islam pada keluarga petani khususnya di kecamatan Gajah kabupaten Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Instrumen pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun yang akan menjadi responden dalam wawancara ini adalah kepala desa, orang tua, dan anak, adapun desa yang menjadi objek penelitian adalah desa Medini yaitu keluarga bapak Amiruddin dan bapak Nuruddin, desa Mlatiharjo yaitu bapak Supomo dan ibu Kusripah, desa Tanjunganyar yaitu bapak Rusmin dan bapak Ngarsimin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan Islam pada keluarga petani di kecamatan Gajah kabupaten Demak sudah terlaksana dengan baik, hal ini sesuai dengan hasil penelitian para orang tua menganggap bahwa pendidikan Islam itu sangat penting dan mengharuskan anaknya agar belajar ilmu agama sejak usia dini dan lebih utama dimulai sejak masih dalam kandungan ibunya, sedangkan minat dari anak sendiri tentang pendidikan Islam sudah baik karena anak tidak usah dipaksa sudah mau belajar pendidikan Islam sejak pagi hari sampai malam hari baik itu dengan kedua orang tuanya langsung maupun di sekoalah formalnya yaitu dengan bapak dan ibu gurunya. (2) materi pendidikan Islam untuk membekali dan mendidik anak dengan materi pendidikan aqidah, ibadah, akhlak, semua itu diharapkan oleh orang tua supaya anak menjadi manusia berkepribadian baik, berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt dan menjadi anak yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama. (3) orang tua dalam kesibukan sehari - hari masih dapat meluangkan waktunya untuk pendidikan anaknya serta menanamkan aqidah dan akhlak pada anak sejak usia dini dan lebih utama sejak masih dalam kandungan ibunya, supaya anak tumbuh menjadi manusia yang yang beriman dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran agama Islam. Sedangkan metode yang digunakan dalam pendidikan Islam pada keluarga petani di kecamatan Gajah adalah metode keteladanan, teguran, kisah, dan pembiasaan. Kata Kunci: Waktu dan Tempat Pendidikan Islam dilaksanakan, Materi pendidikan Islam dan Metode Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 01:45
Last Modified: 07 May 2018 01:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10719

Actions (login required)

View Item View Item