IMPLEMENTASI VARIASI METODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) (Studi Kasus di SMA Islam Sultan Agung 01 dan SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang)

Nur, Muhammad (2018) IMPLEMENTASI VARIASI METODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) (Studi Kasus di SMA Islam Sultan Agung 01 dan SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang). Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI NUR.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian adalah umumnya guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menggunakan metode ceramah di setiap pembelajaran, ini mengakibatkan rendahnya minat peserta didik terhadap Sejarah Kebudayaan Islam yang berakibat pada rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai variasi metode dalam pembelajaran yang digunakan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMA Islam Sultan Agung 01 dan SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang. Permasalahan dari penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi variasi metode dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang, serta perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi variasi metode dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi variasi metode dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang serta untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi variasi metode dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif dengan analisis data menggunakan 3 prosedur yaitu reduksi, display, dan konklusi yang kemudian ditarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang perencanaan yang disusun sudah baik dan disusun secara sistematis, pelaksanaan sudah efektif dengan menggunakan metode ceramah, peta konsep, dan tanya jawab serta evaluasi dengan menggunakan tes tertulis sudah efektif dengan perolehan nilai yang baik. Hasil penelitian di SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang menunjukkah bahwa perencanaan yang disusun secara sistematis sudah baik, pelaksanaan sudah efektif dengan menggunakan metode ceramah, peta konsep, dan tanya jawab serta evaluasi yang menggunakan tes lisan sudah efektif ditandai dengan nilai yang diperoleh cukup baik. Kata Kunci: Variasi metode, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 01:44
Last Modified: 07 May 2018 01:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item View Item