HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMP N 20 SEMARANG

Khamsina, Siti (2018) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMP N 20 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1 Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3 Daftar Isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4 BAB 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
File 5 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
File 6 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
File 7 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
File 8 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
File 9 Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Variasi gaya mengajar guru memiliki hubungan dengan motivasi belajar peserta didik. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana variasi gaya mengajar guru PAI, 2) Bagaimana motivasi belajar PAI peserta didik, 3) Adakah hubungan antara variasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 20 Semarang. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui variasi gaya mengajar guru PAI, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik, 3) Untuk mengetahui adakah hubungan variasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar PAI peserta didik di SMPN 20 Semarang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variasi gaya mengajar (X), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 20 Semarang yang berjumlah 287 siswa yang berjumlah 8 kelas kemudian sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan siswa yang berjumlah 34 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi “Person Product Moment Correlation” (PPMC). Dalam hal ini menempuh tiga langkah yaitu, analisis data variasi gaya megajar guru PAI, analisis motivasi belajar PAI peserta didik dan analisis hubungan variasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 20 Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa “Ada hubungan antara variasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 20 Semarang”, diterima. Ini membuktikan pada hasil perhitungan korelsi tabel (ro) lebih besar dari koefesien korelasi tabel (rt). Koefesien korelasi hitung (ro) 0,397 sedangkan koefesien korelasi tabel (rt) dengan taraf signifikan 5% adalah 0,367. Dari hasil tersebut berarti semakin baik variasi gaya mengajar guru PAI maka, semakin baik pula motivasi belajar PAI peserta didik. Kata Kunci : Variasi Gaya, Mengajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:45
Last Modified: 03 May 2018 01:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item View Item