Nasrullah, Muhammad Hasan (2018) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU PERMATA BUNDA DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda Demak yang memfokuskan pada fungsi-fungsi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam, meliputi: (1) perencanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam, (2) pengorganisasian kurikulum Pendidikan Agama Islam, (3) implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dan (4) evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tiga cara yaitu, (1) wawancara, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan alur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil paparan data di lapangan ditemukan sebagai berikut: (1) Perencanaan manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam dilaksanakan pada kegiatan rapat kerja sekolah yang dihadiri oleh kepala sekolah dan guru-guru Pendidikan Agama Islam dan kegiatan ini sudah menjadi budaya sekolah, (2) Pengorganisasian manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam meliputi pengorganisasian dalam pembagian tugas mengajar yang ditentukkan dengan surat keputusan (SK) kepala sekolah dan pengorganisasian dalam mengkoordinir Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam secara terjadwal, (3) Implementasi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam sangat memperhatikan mutu muatan kurikulum Pendidikan Agama Islam dan sangat memperhatikan kualitas guru Pendidikan Agama Islam dan (4) Evaluasi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan baik dalam memperhatikan hasil dan proses yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Saran-saran berdasarkan temuan penelitian ini adalah (1) Guru Pendidikan Agama Islam sebagai kunci keberhasilan dalam implementasi manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam hendaknya (a) Mematuhi dan berkomitmen terhadap hasil keputusan Bersama yang sudah ditetapkan dalam rapat kerja. (b) Membuat perencanaan pembelajaran secara maksimal sehingga tujuan pemelajaran akan mudah tercapai. (2) Kepala Sekolah selaku pengambil kebijakan secara teknis, hendaknya (a) Melakukan controlling terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah ditetapkan Bersama. (b) Melakukan supervisi pembelajaran sebagai bentuk evaluasi pembelajaran terhadap guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:49 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10638 |
Actions (login required)
View Item |