PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG

Aisaturosida, Aisaturosida (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran Discovery Inquiry merupakan salah satu cara atau suatu metode yang dapat meningkatkan keaktifan anak dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perencanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 2) Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 3) Mengetahui evaluasi penerapan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI. Aspek penelitian ini terfokus pada proses kegiatan belajar mengajar baik pada persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan field Research atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang didapatkan langsung dari guru PAI dan kepala sekolah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analis data yang digunakan oleh peneliti berupa analisis deskriptif yaitu dengan mengumpulkan dan menggambarkan semua data yang didapat dan dikelompokkan sesuai dengan kategorinya untuk diambil kesimpulan. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah Pendidikan Agama Islam dan Discovery Inquiry Learning. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Parakan Temanggung sebagai berikut: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI dalam pembelajaran discovery inquiry adalah dengan menyusun silabus dan RPP sebelum masuk kelas. 2) Pelaksanaan model pembelajaran discovery inquiry di dalam kelas berjalan sesuai dengan RPP) yang disusun oleh guru dan kegiatan inti pada pembelajaran juga telah sesuai dengan teori discovery inquiry learning yang telah dipaparkan. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI menunjukkan pada hasil yang meningkat baik secara akademik atau non akademik. Kata kunci : Pembelajaran, Discovery Inquiry, Pendidikan Agam Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:50
Last Modified: 03 May 2018 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item