Aisaturosida, Aisaturosida (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
Penerapan model pembelajaran Discovery Inquiry merupakan salah satu cara atau suatu metode yang dapat meningkatkan keaktifan anak dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perencanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 2) Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI, 3) Mengetahui evaluasi penerapan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran PAI. Aspek penelitian ini terfokus pada proses kegiatan belajar mengajar baik pada persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan field Research atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang didapatkan langsung dari guru PAI dan kepala sekolah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analis data yang digunakan oleh peneliti berupa analisis deskriptif yaitu dengan mengumpulkan dan menggambarkan semua data yang didapat dan dikelompokkan sesuai dengan kategorinya untuk diambil kesimpulan. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah Pendidikan Agama Islam dan Discovery Inquiry Learning. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran discovery inquiry pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Parakan Temanggung sebagai berikut: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI dalam pembelajaran discovery inquiry adalah dengan menyusun silabus dan RPP sebelum masuk kelas. 2) Pelaksanaan model pembelajaran discovery inquiry di dalam kelas berjalan sesuai dengan RPP) yang disusun oleh guru dan kegiatan inti pada pembelajaran juga telah sesuai dengan teori discovery inquiry learning yang telah dipaparkan. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI menunjukkan pada hasil yang meningkat baik secara akademik atau non akademik. Kata kunci : Pembelajaran, Discovery Inquiry, Pendidikan Agam Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:50 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10630 |
Actions (login required)
View Item |