IMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG (Studi Kasus Pokok Bahasan Strategi & Substansi Dakwah Rasulullah SAW)

Sudiro, Jatyo Triatmojo Adi (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG (Studi Kasus Pokok Bahasan Strategi & Substansi Dakwah Rasulullah SAW). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1 - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 - ABSTRACT.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3 - DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4 - BAB 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
File 5 - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
File 6 - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
File 7 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
File 8 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
File 9 - DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru menerapkan penilaian otentik di SMA Kesatrian 2 Semarang, khususnya di dalam pokok bahasan strategi dan substansi dakwah Rasulullah SAW pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X. Dari segi perencanaan (RPP), pelaksanaan ketika kegiatan belajar berlangsung di kelas/ di luar kelas serta hasil penilaian (Hasil Rapor) dan instrument penilaian yang di susun oleh guru yang mencakup empat kompetensi inti yang meliputi sikap sosial, sikap spiritual, kognitif dan keterampilan siswa selama satu semester. Penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pemilihan penggunaan pendekatan penelitian kualitatif dalam penelitian ini didasarkan pada fenomena kasus yang akan diteliti (field research). Pendekatan Kualitatif dalam penelitian ini termasuk pada jenis fenomenologi yaitu penelitian yang berorientasi untuk memahami, menggali, dan menafsirkan arti dari peristiwa-peristiwa, fenomena-fenomena dan hubungan dengan orang-orang atau khususnya pada lembaga SMA Kesatrian 2 Semarang. Didalam buku Dr. Kusaeri yang berjudul “Acuan dan Teknik Proses hasil belajar dalam Kurikulum 2013” dijelaskan bahwa ada beberapa teknik penilaian otentik yakni penugasan, tes lisan, tes tertulis, portofolio, kinerja, proyek, penilaian diri, dan jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi di kelas dan di luar kelas dan menggunakan skala ceklist di setiap aspek observasi. Setelah itu semua data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perencanaan penilaian otentik Pendidikan Agama Islam di SMA Kesatrian 2 Semarang dalam pokok bahasan Strategi dan Substansi dakwah Rasulullah SAW di Makkah sudah baik, karena mencakup unsur-unsur dan tahapan pengolahan data yang runtut. Penilaian ini sudah sesuai dengan pedoman penilaian yang terdapat pada Kurikulum 2013, dan pelaksanaan sudah berjalan dengan efektif, karena mampu memberikan gambaran tentang hasil belajar yang sesungguhnya dalam pelaksanaan penilaian yang dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas dan hal ini sangat variative dalam kurun waktu tertentu, itu juga menunjukkan ciri penilaian otentik yang terdapat pada Kurikulum 2013. Serta hasil pengolahan penilaian, penilaian ini dapat dikatakan baik, karena dari keseluruhan pengolahan penilaian, mampu atau sesuai dengan KD (Kompetensi Dasar) dan indikator yang telah diperoleh dan hal ini sudah memenuhi kriteria-kriteria dalam pengolahan penilaian otentik di Kurikulum 2013 pada umumnya. Kata kunci: Implementasi Penilaian Otentik, SMA Kesatrian 2 Semarang, Strategi dan Substansi Dakwah Rasulullah di Makkah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:51
Last Modified: 03 May 2018 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10612

Actions (login required)

View Item View Item