IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM POKOK BAHASAN SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI ASIA TENGGARA DI MA FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG

Muniroh, Fitrotul (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM POKOK BAHASAN SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI ASIA TENGGARA DI MA FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksikan konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. MA Futuhiyyah Kudu Semarang adalah sekolah yang mengikuti kurikulum 2013 yang berarti pendekatan pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik.. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya Sejarah Kebudayaan Islam di MA Futuhiyyah Kudu tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miler dan Huberman yang mencakup tiga kegiatan yang bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan yang diwujudkan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam kategori baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembuatan RPP. Pada aspek pelaksanaan dalam kategori efektif, namun perlu sedikit peningkatan pemahaman pada kegiatan inti pembelajaran yaitu aspek mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Pada aspek evaluasi pelaksanaan yang dikhusukan pada kendala perencanaan dan pelaksanaan pendekatan yaitu guru PAI khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memerlukan kompetensi pedagogik yang baik dalam melaksanakan kurikulum 2013. Kata kunci: pendekatan saintifik, pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:51
Last Modified: 03 May 2018 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item