PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 DEMAK

Sulistiyani, Erlin (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (907kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Perhatian orangtua adalah pemusatan tenaga atau kekuatan jiwa dari orangtua yang tertuju kepada suatu objek atau aktivitas siswa. perhatian kepada siswa adalah cara yang baik bagi siswa dalam memberikan dampak positif, karena siswa merasa terlindungi, diberikan kasih sayang yang lebih dengan adanya perhatian tersebut. Sehingga siswa berani mengungkapkan isi hati dan permasalah yang dihadapinya kepada orangtua. Perhatian orangtua terhadap siswa mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Karena dengan adanya perhatian orangtua, siswa akan senang dan nyaman didalam kegiatan belajar sehingga dapat berjalan dengan baik serta dapat membantu proses belajar disekolah dan diluar sekolah Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Demak. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan, jenisnya adalah penelitian kuantitatif tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Demak Penelitian ini bersifat deskriptif kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, IX, dan IIX SMA Muhammadiyah 2 Demak dengan jumlah 45. Teknik untuk menentukan sampel tidak ada, karena subjek populasi tidak homogen sehingga penelitian sampel tidak boleh dilaksanaka. Tterdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen (perhatian orangtua) dan variabel dependen (prestasi belajar Pendidikan Agama Islam). Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisisnya menggunakan “t-test”. Teknik analisis data menggunakan uji-t. dari hasil penelitian diperoleh nilai t0 (t-hitung) sebesar 37,5 sedangkan t-tabel taraf signufikan 5% sebesar 2,20 sedangkan pada tabel signifikan 1% diperoleh sebesar 2,20. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa t0 lebih besar dari t-tabel yaitu 2,05 <37,5> 2,71. Karena t0 lebih besar dari tabel berarti (Ho) ditolak dan (Ha) diterima berarti hasilnya adalah signifikan atau dengan kata lain adanya pengaruh yang signifikan antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: pengaruh, perhatian orangtua, dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:51
Last Modified: 03 May 2018 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10588

Actions (login required)

View Item View Item