PENYELENGGARAAN KURSUS CALON PENGANTIN DI KUA BERGAS SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERCERAIAN DALAM PERSPEKTIF KEMASLAHATAN (Studi Kasus di KUA Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun 2016)

Khoirunni’mah, Fathin (2018) PENYELENGGARAAN KURSUS CALON PENGANTIN DI KUA BERGAS SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERCERAIAN DALAM PERSPEKTIF KEMASLAHATAN (Studi Kasus di KUA Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun 2016). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Kasus perceraian di Indonesia saat ini telah mencapai tingkat memprihatinkan. Dilihat dari tingginya angka perceraian nasional pada tahun 2016 yang mencapai angka 365.633 pasangan. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman dan pengetahuan pasangan mengenai seluk beluk pernikahan dan rumah tangga. Selain itu, budaya infotaiment yang kerap menyuguhkan perceraian artis, terutama wanita, juga menjadi faktor eksternal tingginya angka perceraian. Bagaimana penyelenggaraan Kursus Calon Pengantin di KUA Bergas sebagai upaya pencegahan perceraian dan implikasi atas penyelenggaraan kursus calon pengantin di KUA Bergas dalam perspektif kemaslahatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyelenggaraan kursus calon pengantin di KUA Bergas dan maslahah dari penyelenggaraan kursus tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan sumber data primer dan sekunder, serta metode analisis data kualitatif dan kuantitatif, yaitu mendeskripsikan data dengan penjabaran dan angka-angka. Penyelenggaraan kursus calon pengatin yang dilaksanakan oleh KUA Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang: Dilaksanakan 10 hari sebelum dilakukan akad nikah, calon pengantin yang telah mendaftarkan nikah dipanggil untuk mengikuti pemeriksaan berkas dan kursus calon pengantin. Sedangkan materi yang disampaikan berupa materi ubudiyah, munakahat, dan masalah kesehatan pernikahan yang disampaikan oleh Ketua atau penghulu KUA Bergas. Hasil penelitian diketahui bahwa penyelenggaraan kursus calon pengantin di KUA Bergas memberikan hasil positif untuk menekan tingginya angka perceraian dan termasuk dalam kategori maslaḥah dharuriyah berupa hifżu nasl karena dengan adanya Suscatin ini, rumah tangga dapat utuh, perselisihan dan perceraian dapat tercegah sehingga kehormatan keluarga dan keturunan dapat terjaga. Kata kunci: Kursus Calon Pengantin, Perceraian, Kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:53
Last Modified: 03 May 2018 01:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item View Item