PERANCANGAN SISTEM PEMBAGIAN KELOMPOK BELAJAR BERBASIS NILAI DAN PERSONALITY TRAITS MENGGUNAKAN ALGORITMA KLUSTERISASI PARTITIONING AROUND MEDOIDS (PAM) DAN DISTRIBUSI KEMAMPUAN MERATA

Saputra, Wardianto Eko (2017) PERANCANGAN SISTEM PEMBAGIAN KELOMPOK BELAJAR BERBASIS NILAI DAN PERSONALITY TRAITS MENGGUNAKAN ALGORITMA KLUSTERISASI PARTITIONING AROUND MEDOIDS (PAM) DAN DISTRIBUSI KEMAMPUAN MERATA. Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebanyakan penelitian pada bidang pendidikan menyatakan bahwa belajar dalam Format kelompok kecil lebih efektif dibanding dengan kebanyakan metode yang digunakan dalam pembelajaran pada umumnya, salah satunya adalah Cooperative Learning yaitu metode yang berfokus pada pembelajaran dimana tenaga pengajar mengorganisasikan peserta didik menjadi kelompok kecil, yang kemudian bekerja sama untuk saling membantu mempelajari konten akademik yang diberikan. Namun terdapat permasalahan yang timbul dari proses pembelajaran secara cooperative learning salah satunya adalah pembentukkan kelompok atau grouping process peserta didik ke dalam satu group belajar dengan kemampuan antar kelompok relatif sama. Selain itu, pada pembelajaran cooperative learning bahwa variasi individu-individu anggota kelompok kerja serta interaksi individu di dalam kelompok merupakan faktor yang mempengaruhi produktifitas kelompok. Dalam cooperative learning pengelompokkan secara heterogen yaitu sangat penting dalam pembentukkan kelompok yang bervariasi yaitu perbedaan kemampuan serta keragaman personality traits peserta didik, karena kelompok yang heterogen akan mencapai keunggulan kompetitif karena terdapat perbedaan profitabilitas dalam satu kelompok, jika sumber daya terdistribusi secara homogen maka seluruh kelompok tersebut dapat menyalurkan dan melaksanakan strategy yang sama. Penelitian ini diarahkan pada penerapan algoritma k-medoids yang merupakan salah satu algoritma partitioning around medoids (PAM) untuk mencari kedekatan antara anggota dengan pusat cluster sehingga membentuk kelompok yang homogen, selanjutnya adalah menggunakan teknik distribusi yaitu dari kelompok homogen ke kelompok heterogen merata. Penentuan kelompok mana yang lebih homogen dapat menggunakan perhitungan coeficient variations (CV) serta untuk pengukuran tingkat heterogenitas dapat dilakukan dengan perhitungan goodness of heterogeneous in groups GH). Sehingga dari pengukuran tersebut dapat menentukan skala kualitas antar kelompok tersebut yang relatif sama apabila nilai yang terbentuk pada GH dan CV adalah sama untuk setiap kelompok. Data yang digunakan adalah sebanyak 31 siswa SMA Negeri 3 Semarang, pengujian sistem dilakukan dengan 3 cara yaitu pengujian Black Box testing dalam pengujian pengamatan hasil eksekusi data uji serta pemeriksaan fungsionalitas dari perangkat lunak, pengujian direct-test pada mata pelajaran matematika dalam pengujian implementasi pembagian kelompok. Serta, pengukuran tingkat kepuasan peserta didik sebelum dan sesudah pembagian kelompok secara algoritma berdasarkan questioner. Kata Kunci: cooperative learning, k-medoids, partitioning around medoids (PAM), distribusi, goodness of heterogeneous in groups GH), coeficient variations (CV)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Mar 2018 03:02
Last Modified: 06 Mar 2018 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item