SABILA, ULYA SILMI (2017) ANALISIS RISIKO KRITIS K3 PADA KEGIATAN BONGKAR MUAT PT. PELINDO (PELABUHAN INDONESIA) III TANJUNG EMAS SEMARANG DENGAN METODE RFMEA (RISK FALIURE MODE AND EFFECT ANALYSIS). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
Abstract
PT. PELINDO III Tanjung Emas Semarang merupakan perusahaan yang secara operasional melayani jasa Pelayanan Bongkar Muat (PBM) meliputi kegiatan pembongkaran dan pemuatan barang dari dan ke kapal pengangkut yang terdiri dari kegiatan stevedoring, cordogoring dan receiving/delivery dimana pekerjaan tersebut digunakan untuk melakukan segala aktivitas proses bongkar muat barang. Kegiatan bongkar muat di setiap area bongkar muat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang setiap aktivitas kegiatan operasi berisiko menimbulkan terjadinya kecelakaan kerja. Kegiatan operasi bongkar muat dari tiap area terminal tersebut antara lain Terminal Samudera meliputi kegiatan operasi Stevedoring, Cargodoring, Receiving/Delivey.Terminal Nusantara meliputi kegiatan operasi Stevedoring dan Cargodoring serta Pelabuhan Dalam meliputi kegiatan operasi Cargodoring dan Receiving/ Delivery.Kegiatan pembongkaran dan pemuatan dikerjakan oleh TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) walaupun menggunakan alat berat namun hampir sebagian kegiatan bongkar muat tersebut masih dikerjakan secara manual oleh pekerja.Dengan demikian pekerja harus ekstra hati-hati dalam melakukan kegiatan operasi tersebut karena sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan dan kesehatan pekerja. Risiko K3 menjadi permasalahan yang perlu ditangani keberadaannya. Guna meminimalkan risiko K3 dengan mengetahui risiko kritisnya serta memberi tindakan penanganan dalam menangani risiko kritikal dengan metode RFMEA (Risk Faliure Mode And Effect Analysis) karena metode ini digunakan untuk mencari risiko kritis dari tiap risiko kejadian yang berpotensi menimbulkan bahaya K3 serta dapat menentukan tindakan atas risiko tersebut. Hasil penelitian menunjukan Risk Event (kejadian risiko) dari variable risiko terdapat 8 risk event yang termasuk kedalam risiko kritis serta rekomendasi pengendalian dipilih respon risiko mitigasi yaitu melakukan pengurangan kemungkinan bahaya atau konsekuensinya diharapkan mampu meminimalkan risiko K3. Kata Kunci : RFMEA, Risiko Kritikal, Rekomendasi Pengendalian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 09:41 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 01:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10425 |
Actions (login required)
View Item |