PERANCANGAN MEJA KURSI BELAJAR YANG ERGONOMIS UNTUK ANAK USIA TK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

SARMIN, SARMIN (2017) PERANCANGAN MEJA KURSI BELAJAR YANG ERGONOMIS UNTUK ANAK USIA TK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Meja dan kursi belajar usia anak usia TK merupakan salah satu furniture penting dalam proses belajar usia anak usia TK. Jenis Meja dan kursi ini lebih mengutamakan faktor kenyamanan sehingga anak usia TK dapat berkonsentrasi dalam proses belajar. Meja dan kursi belajar untuk usia pra sekolah atau usia dini (TK) yang selama ini beredar di pasaran cenderung kurang memperhatinkan bentuk ragam fungsinya dan belum dimanfaatkan secara optimal, serta desain bentuknya seragam dan monoton, sehingga kurang menarik. Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan produk Meja dan kursi belajar belajar untuk anak usia TK yang satu komponen dengan meja dan kursi belajar yang bisa dilipat. Meja dan kursi belajar ini akan dirancang dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan sistem pengembangan produk yang dimulai dari merancang, proses manufaktur hingga sampai produk jadi dengan mempertimbangkan berdasarkan keinginan konsumen. Pendekatan QFD difokuskan pada desain produk, produktivitas dan evaluasi terhadap produk. Tujuan QFD untuk memenuhi keinginan konsumen dengan cara merancang produk baru agar dapat berkompetisi dengan produk dari kompetitor. Untuk memenuhi kebutuhan dalam merancang meja dan kursi anak usia TK harus dilakukan beberapa hal yaitu dengan membuat VOC kemudian digabungkan dengan VOE. Ukuran dari tingkat kepuasan dengan hasil perhitungan Customer Satisfaction Performance pada nyaman digunakan terhadap produk awal sebesar 3,87 dan produk baru sebesar 4,17, adanya accesoris pada kursi produk awal sebesar 2,57 dan produk baru sebesar 3,70, berbahan ringan dan kuat produk awal sebesar 4,57 dan produk baru sebesar 4,07, berbahan tidak mudah berkarat produk awal sebesar 4,57 dan produk baru sebesar 4,10, aman dipakai produk awal sebesar 4,43 dan produk baru sebesar 3,93, desain yang menarik produk awal sebesar 4,07 dan produk baru sebesar 4,00, warna yang menarik produk awal sebesar 3,87 dan produk baru sebesar 3,83, leluasa bergerak pada saat duduk produk awa sebesar 4,43 dan produk baru sebesar 3,93, tempat menulis yang fleksibel pada produk awal sebesar 4,03 dan produk baru sebesar 4,23, terdapat gantungan tas dan tempat pensil produk awal sebesar 2,83 dan produk baru sebesar 3,93, dan mudah untuk dipindahkan produk awal sebesar 4,03 dan produk baru sebesar 4,27. Adapun hasil dari pengukuran yaitu panjang lengan bawah (plb) sebesar 16 cm, tinggi siku posisi duduk (tsd) sebesar 13 cm, jarak pantat ke lutut (pkl) sebesar 27 cm, jarak lipat lutut ke pantat (llp) sebesar 28,89 cm, tinggi lutut (tl) sebesar 27 cm, tinggi lipat lutut (tll) sebesar 29 cm, lebar bahu (Lb) sebesar 26 cm, lebar pinggul (Lp) sebesar 20 cm, jarak bahu ke pantat (Bkp) sebesar 30 cm, jarak siku ke ujung jari (Skj) sebesar 27 cm, lebar sandaran duduk (Lsd) sebesar 16,50 cm, lebar pinggang (Lpg) sebesar 21 cm, dan siku ke siku (Sks) sebesar 30 cm. Kata kunci : Anak usia TK, Meja dan Kursi anak usia TK, Quality Function Deployment (QFD)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Feb 2018 09:41
Last Modified: 19 Feb 2018 09:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10424

Actions (login required)

View Item View Item