ANALISIS RISIKO SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) DAN FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS (FANP) (Studi Kasus : PT. Gunung Cahaya Utama)

BASRI, BASRI (2017) ANALISIS RISIKO SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) DAN FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS (FANP) (Studi Kasus : PT. Gunung Cahaya Utama). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Setiap aktivitas tidak terlepas dari ketidakpastian. Ketidakpastian internal merupakan faktor utama yang memberikan pengaruh terhadap permasalahan yang terjadi. Beberapa kendala muncul terkait dengan bahan baku, kualitas produk, kuantitas yang tersedia, kurangnya keahlian dan kualifikasi sumber daya manusia dan kegagalan mesin atau downtime. Selain ketidakpastian internal tedapat ketidakpastian permintaan, dan ketidakpastian dari arah supplier. Ketiga ketidakpastian yang terjadi dapat dikatakan sebagai potensi risiko yang dapat mengganggu aktivitas rantai pasok. PT. Gunung Cahaya Utama adalah perusahaan yang memproduksi pipa paralon. Bahan baku pipa parolon berupa serbuk Polyvinyl Chloride (PVC), Calcium, dan obat tambahan seperti OGP/ PVC stabilizer, El-wax, HST, Titanium Dioxide, CPE, UV, dan OCI. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis risiko sistem rantai pasok produk pipa paralon pada manufaktur PT. Gunung Cahaya Utama dengan menggunakan metode House of Risk (HOR) dan Fuzzy Analytical Network Process (FANP). House of Risk (HOR) diaplikasikan untuk mengidentifikasi risiko yang akan muncul pada aliran rantai pasok dengan menggunakan model SCOR yang terbagi menjadi 5 proses yaitu plan, source, make, deliver, dan return. Pada tahap selanjutnya akan dilakukan identifikasi sumber risiko dan perhitungan agregate risk potential (ARP) untuk mengetahui risiko yang akan diprioritaskan dan merancang penaganan risiko rantai pasok. Dalam merancang penanganan risiko akan dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Network Process (FANP). FANP digunakan untuk mengetahui urutan bobot dari penanganan risiko. Setelah dilakukan penelitian terdapat 25 kejadian risiko dan 25 sumber risiko. Terdapat 23 usulan penaganan yang dapat direkomendasikan pada perusahaan, dengan harapan dapat menangani risiko rantai pasok produk pipa paralon. Kata kunci : Risiko rantai pasok, house of risk, dan Fuzzy Analytical Network Process (FANP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Feb 2018 09:39
Last Modified: 19 Feb 2018 09:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item